Asam Jawa, Manfaat dan Cara Olahnya

Sebagai salah satu rempah pilihan yang sering digunakan dalam bumbu masak, buah yang mempunyai kombinasi rasa asam dan manis ini sering digunakan sebagai alternatif pengobatan di berbagai belahan dunia. Asam jawa ternyata menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan kita. Buah ini banyak diolah dalam bentuk jamu dan permen.
Asam Jawa, Manfaat dan Cara Olahnya
Asam jawa banyak khasiatnya bagi kesehatan tubuh./catatanmini.com

Nusantaratv.com - Sebagai salah satu rempah pilihan yang sering digunakan dalam bumbu masak, buah yang mempunyai kombinasi rasa asam dan manis ini sering digunakan sebagai alternatif pengobatan di berbagai belahan dunia. Asam jawa ternyata menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan kita. Buah ini banyak diolah dalam bentuk jamu dan permen. 

Kandungan polifenol pada asam jawa memiliki sifat antioksidan dan antiperadangan yang dapat membantu mengatasi penyakit tertentu, apa saja?

Nama lokal: Tamarind (lnggris); Tamarinier (Perancis); Asam jawa (Indonesia); Celangi, tangkal asem (Sunda); Asem (Jawa).

BACA JUGA: Banyak Manfaat dari Daun Kenikir

 

PENYAKIT YANG DAPAT DIOBAT DENGAN ASAM JAWA :

1. ASMA

  • Bahan : 2 Potong kulit pohon asam jawa, adas pulawaras secukupnya.
  • Cara membuat: Kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih. Kemudian disaring. Airnya diminum kali sehari.

2.  BATUK KERING

  • 3 Polong buah asam jawa, ½ genggam daun saga. Rebus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga sisa 1 gelas. Saring. Minum pagi dan sore.

3. DEMAM

  • Bahan : 1 Genggam daun asam jawa, adas pulawaras secukupnya.
  • Cara membuat : Kedua bahan tersebut direbus dengan ½ liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Minum 2 kali sehari, pagi, dan sore.

4.      SAKIT PANAS

  • Bahan : 2 Polong buah asam jawa yang telah masak, garam secukupnya.
  • Cara membuat : Kedua bahan tersebut diseduh dengan 1 gelas air panas. Saring, kemudian diminum seperti biasa.
  • Catatan : Bagi ibu hamil tidak boleh minum resep ini.
1 / 4
Selanjutnya