8 Manfaat Daun Pandan untuk Kecantikan

Daun Pandan mungkin sudah tidak asing bagi kebanyakan orang. Bahkan banyak orang yang menanam daun pandan di rumahnya. Daun pandan biasanya digunakan sebagai pengharum alami makanan, karena memang memiliki bau yang harum.
8 Manfaat Daun Pandan untuk Kecantikan
Daun pandan memiliki aroma wangi yang biasa digunakan untuk pewangi makanan./orbitmetro.com

Nusantaratv.com - Daun Pandan mungkin sudah tidak asing bagi kebanyakan orang. Bahkan banyak orang yang menanam daun pandan di rumahnya. Daun pandan biasanya digunakan sebagai pengharum alami makanan, karena memang memiliki bau yang harum.

Selain menjadi pengharum saja, daun pandan bahkan juga menjadi bahan pewarna dan penambah rasa alami pada makanan. Karena itulah, daun pandan sangat mudah ditemui, menilik berbagai manfaat yang diberikannya untuk makanan.

Di balik aromanya yang harum pandan juga mengandung berbagai zat yang berguna untuk tubuh, antara lain tanin, glikosida, dan alkaloid. Daun wangi ini memiliki sejumlah khasiat kesehatan dan kecantikan.

Pandan diyakini sebagai penurun panas dan pendingin kulit yang cukup ampuh. Juga dipercaya mampu membersihkan tubuh dari racun.

BACA JUGA: Tiga Tanaman Ini Dipercaya Turunkan Kadar Gula Darah

Belakangan pandan mulai digadang-gadang sebagai the next superfood setelah kale dan avokad. Bahkan sudah mulai banyak produk kecantikan yang memasukkan ekstrak pandan ke dalam formulanya. Di antaranya body scrub, lotion, ice balm, masker, sampai serum wajah. Bahkan ada pula multi-purpose aromatherapy dengan ekstrak pandan.

Sebelum menjajal produk-produk tersebut tak ada salahnya kalau kita mengetahui khasiat kecantikan pandan terlebih dahulu.

1 / 4
Selanjutnya