Heboh Isu Vaksin Covid-19 Mengandung Microchip, Ini Kata Satgas

Wiku menegaskan vaksin yang saat ini diberikan kepada masyarakat di seluruh Indonesia tidak mengandung microchip bermagnet

Ilustrasi vaksin covid-19/ist

Jakarta, Nusantara TV-Meski sudah banyak penjelasan ilmiah yang diberikan para ahli namun tetap saja banyak isu merebak terkait covid-19 dan vaksin covid-19. Seperti yang baru-baru ini terjadi. Viral di media sosial isu dalam sebuah tayang video yang menyebut vaksin covid-19 mengandung microchip bermagnet. Video tersebut disertai dengan narasi menyesatkan. Sehingga ini bisa membuat koin menempel pada kulit manusia.

Merespon hal ini, juru bicara Satgas Penanganan covid-19 Prof Wiku Adisasmito menegaskan vaksin corona yang tengah diberikan saat ini sama sekali tidak mengandung magnet.

"Perlu diketahui, bahwa vaksin tidak mengandung magnet," tegas Prof Wiku dikutip dari detik, Jumat (28/5/2021).

"Koin bisa saja menempel di kulit karena adanya keringat yang diproduksi secara alami oleh kulit manusia dan gaya gesek lainnya, sehingga menimbulkan daya magnet," imbuhnya.

Baca juga: Ada 229 Laporan Efek Serius Vaksin Covid di RI

Prof Wiku mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu memverifikasi informasi yang diterima pada sumber yang kredibel. Jika itu terjadi, sama saja dengan menyebarluaskan berita bohong atau hoax.

"Kesalahan kita dalam menyebarkan informasi yang belum diverifikasi sama saja dengan menyebar berita bohong atau hoax dan ini tentunya akan menghambat upaya pemerintah dalam menangani pandemi di Indonesia," pungkasnya.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK