WHO Prediksi Wabah Corona Berlangsung Puluhan Tahun

Dampaknya pun akan dirasakan dalam kurun waktu yang sama
Mochammad Rizki - Health,Minggu, 02-08-2020 16:01 WIB
WHO Prediksi Wabah Corona Berlangsung Puluhan Tahun
Ilustrasi peta corona dunia. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Badan Kesehatan Dunia atau WHO, memperkirakan wabah virus corona bakal berlangsung beberapa dekade atau puluhan tahun. Sehingga dampaknya pun akan dirasakan masyarakat dunia dalam kurun waktu yang sama.

WHO menyatakan hal itu usai melakukan pertemuan dengan komisi panel mengevaluasi krisis selama enam bulan yang terjadi akibat pandemi corona, Jumat (31/8/2020). 

Baca juga: Tenggak Cairan Hand Sanitizer, 10 Orang Tewas 

"Komisi ini menggarisbawahi antisipasi dari durasi panjang pandemi Covid-19," kata WHO, Minggu (2/8/2020).

Total 17,6 juta orang di seluruh dunia tertular Covid-19. Dari jumlah tersebut, sebanyak 680 ribu orang meninggal dunia. 

WHO sempat menetapkan status darurat kesehatan masyarakat keprihatinan internasional atau PHEIC, pada 30 Januari 2020. Status ini merupakan peringatan dengan level tertinggi di WHO.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, menyebut dampak pandemi Covid-19 akan berlangsung lama.

"Pandemi ini merupakan salah satu krisis kesehatan abad ini, yang efeknya akan diraskan selama beberapa dekade," ujar Tedros jelang rapat komite panel. 

Adapun dalam pertemuan tersebut, komite panel memperingatkan negara-negara di dunia untuk mempersiapkan sistem kesehatan guna mengatasi penyakit musiman seperti influensa serta penyakit lainnya, seiring dengan pandemi Covid-19.

Panel pun mendesak seluruh pihak menggalang solidaritas global terhadap Covid-19 dan meminta untuk tak membuat informasi menyesatkan mengenai corona.

Panel juga ingin WHO memperluas penelitiannya tentang hal penting yang tak dikenal dari virus corona, seperti hewan yang menjadi asal-muasal penyakit. (Channel News Asia) 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0