WHO : Kasus Corona Eropa Kini Melebihi 10 Juta

Sistem pengujian tidak dapat mengimbangi tingkat penyebaran yang luas
Sarah Fiba - Health,Jumat, 30-10-2020 16:30 WIB
WHO : Kasus Corona Eropa Kini Melebihi 10 Juta
(AP)

Nusantaratv.com- Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) wilayah Eropa mengatakan pada Kamis (29/10) bahwa 53 negara di Eropa kembali mencapai rekor mingguan baru untuk jumlah kasus Covid-19 yang dikonfirmasi.

Selama pertemuan dengan para menteri kesehatan Eropa, direktur regional Eropa WHO Dr. Hans Kluge mengatakan bahwa rawat inap telah meningkat dan kematian telah meningkat lebih dari 30% dalam seminggu terakhir.

"Eropa berada di pusat pandemi ini sekali lagi. Dengan risiko terdengar khawatir, saya harus mengungkapkan keprihatinan kita yang sangat nyata."kata Kluge dikutip AP.

Sistem pengujian tidak dapat mengimbangi tingkat penyebaran yang luas, dengan sebagian besar negara Eropa melebihi 5% dan banyak kasus menyebar tanpa diperiksa.

Setelah Prancis dan Jerman menyetujui pembatasan baru dengan harapan membalikkan tren, Kluge menyebut penguncian nasional sebagai pilihan terakhir.

Dengan alasan kerusakan besar yang ditimbulkan oleh tindakan tersebut pada ekonomi, kesehatan mental masyarakat, dan insiden kekerasan dalam rumah tangga.

Dia mengatakan penguncian harus memberi negara kesempatan untuk "memulihkan dan meningkatkan" sehingga mereka secara teoritis dapat memperkuat sistem kesehatan mereka dan program pelacakan kontak untuk segera mengidentifikasi dan membasmi kelompok baru.

Tetapi banyak negara di Eropa seperti Inggris, gagal melakukannya. 

Terlepas dari penguncian nasional Inggris awal tahun ini, sistem pelacakan kontak negara itu tetap tidak dapat melacak persentase yang signifikan dari kontak individu yang terinfeksi. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0