Ternyata Bersihkan Luka Tidak Boleh Pakai Alkohol, Ini Penjelasannya

Penggunaan alkohol untuk membersihkan luka ternyata tidak dibenarkan.
Supriyanto - Health,Senin, 21-09-2020 16:15 WIB
Ternyata Bersihkan Luka Tidak Boleh Pakai Alkohol, Ini Penjelasannya
Membersihkan luka dengan alkohol boleh?/parenting.orami.co.id

Nusantaratv.com - Saat kita luka atau anggota keluarga kita ada yang terluka, biasanya kita akan menggunakan cairan alkohol atau hidrogen peroksida untuk membersihkan luka dan hal ini umum dilakukan oleh semua orang yang terluka anggota tubuhnya.

Dilansir dari The Health Side, beberapa orang mempercayai bahwa membiarkan luka tetap menganga adalah yang benar untuk membantu proses penyembuhan. Namun sementara orang ada yang berpikir bahwa pengobatan alami adalah solusi yang paling aman dan efektif untuk menangani cedera.

Apa pun masalahnya, ternyata penggunaan alkohol untuk membersihkan luka ternyata tidak dibenarkan. Karena menggunakan alkohol ternyata lebih banyak bahayanya daripada kebaikannya.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Bersihkan Karang Gigi

Jika Anda mengalami luka atau terluka, sebaiknya tidak menggunakan alkohol untuk membersihkan area tersebut karena dapat merusak jaringan dan menunda proses penyembuhan.

Meskipun alkohol dapat menghambat aktivitas bakteri di lokasi luka, namun alkohol juga dapat membakar sel kulit yang sehat. Selain itu, juga merusak sel-sel kulit yang menyebabkan rasa sakit, bengkak, iritasi, dan gatal.

Alkohol biasanya digunakan sebagai desinfektan untuk keperluan medis terutama sebelum suntikan atau pembedahan. Aturan yang sama berlaku untuk hidrogen peroksida, yang juga biasa digunakan sebagai disinfektan untuk membersihkan luka.

Sumber: sonora.id

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0