Terkena Alergi di Usia Dewasa? Ini Sebabnya

Ada beberapa anak yang merasakan alergi setelah menginjak usia remaja atau bahkan dewasa
Supriyanto - Health,Selasa, 22-09-2020 17:02 WIB
Terkena Alergi di Usia Dewasa? Ini Sebabnya
Alergi di usia dewasa./ideahack.com

Nusantaratv.com - Banyak orang memiliki alergi sejak usia masih anak-anak. Pada usia anak-anak alergi terjadi karena udara dingin, debu atau alergi pada beberapa jenis makanan.

Namun ada beberapa anak yang merasakan alergi setelah menginjak usia remaja atau bahkan dewasa

Kalau tiba-tiba tubuh kita merasakan ada hal-hal yang tidak beres, sebaiknya kita jangan panik dulu. Karena ada beberapa sebab, kenapa alergi baru muncul saat usia kita dewasa.

Lalu, kira-kira apa ya yang menyebabkan kita mengalami alergi setelah usia dewasa? Berikut ini paparannya.

Terlalu higienis saat masih kecil

  • Satu alasan yang masuk akal kenapa alergi baru muncul setelah dewasa adalah karena di saat kita masih kecil, lingkungan kita terlalu bersih. Sehingga dengan lingkungan yang sangat bersih, sistem imun dalam tubuh tidak berkembang dengan baik atau tidak terbiasa melawan bakteri yang ada di sekitar kita.

Pemakaian antibiotik yang terlalu sering

  • Terlalu sering mengonsumsi antibiotik juga bisa bikin usus kita kekurangan populasi bakteri, vitamin D, alergi musiman, atau alergi pada makanan. Misalnya adalah makanan yang belum pernah kita rasakan dari kecil. 

Kekebalan tubuh yang baru mulai terganggu

  • Sistem kekebalan tubuh adalah yang paling bertanggung jawab untuk menjaga imunitas dan daya tahan tubuh. Beberapa pakar menduga bahwa alergi muncul pada orang dewasa karena polutan debu dan kuman yang ada di udara. Polutan inilah yang mempengaruhi daya tahan tubuh walaupun sudah dewasa.

Kalau kita merasa alergi yang kita rasakan makin parah, enggak ada salahnya buat berkonsultasi atau memeriksakan diri ke dokter, ya!

Sumber: cewekbanget.grid.id

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0