Tak Perlu Obat, Cukup Rutin Pijat Telinga dan Rasakan Khasiatnya

Pijat telinga diyakini efektif untuk mengurangi ketidaknyamanan.
Supriyanto - Health,Minggu, 02-08-2020 15:43 WIB
Tak Perlu Obat, Cukup Rutin Pijat Telinga dan Rasakan Khasiatnya
Memijat telinga secara rutin diyakini banyak manfaatnya./yesdok.com

Nusantaratv.com - Tubuh memiliki beberapa titik yang saling berhubungan satu sama lain. Prinsip itulah yang kemudian terjadi pada praktik pijat refleksi.

Sebagai contoh, ketika kamu menekan tumit maka titik ini berhubungan dengan kelenjar reproduksi tubuh. Begitu pula dengan telinga. Ada beberapa titik tertentu di telinga yang jika kamu tekan akan membantu untuk menurunkan tingkat stres dalam tubuh.

Memijat telinga adalah sensasi saraf yang benar-benar menenangkan yang dapat membebaskan pikiran Anda dari masalah dan ketidaknyamanan fisik. Dan bagian terbaiknya adalah bahwa hal itu dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, dengan cepat dan mudah.

Baca Juga: Ingin Berat Badan Turun? Sering-sering Konsumsi Ikan Mudjair

Sebuah eksperimen dilakukan untuk menguji dan melihat apakah pijat telinga dapat membantu mengurangi rasa sakit di antara orang-orang dengan sakit punggung bawah kronis. Hasilnya menunjukkan bahwa prosedur sederhana ini adalah cara yang efektif untuk mengurangi ketidaknyamanan.

1. Mengurangi stres

Penelitian dilakukan di antara pasien selama periode fertilisasi in vitro. Hasil membuktikan bahwa pijat telinga adalah hal yang baik untuk dilakukan dalam situasi yang penuh tekanan ini.

Pijat titik gerbang surgawi telinga Anda dengan gerakan memutar lambat jika Anda merasa stres, panik, gelisah, lelah, atau jengkel. Titik ini terletak di kulit atas telinga Anda, di bagian yang terasa seperti lubang berbentuk segitiga.

2. Mengurangi sakit kepala

Sementara obat penghilang rasa sakit dapat memiliki beberapa efek serius dan berpotensi merusak pada tubuh dan kesehatan Anda, stimulasi telinga pada umumnya tidak berbahaya. Anda bahkan dapat menggabungkannya dengan beberapa solusi alami seperti teh peppermint untuk efek yang lebih baik.

3. Menurunkan berat badan lebih cepat

Selain berolahraga secara teratur dan mempertahankan pola makan yang sehat, Anda juga bisa mulai menggosok titik yang berbeda di telinga setiap hari.

Ternyata, dikombinasikan dengan rutinitas lain yang diperlukan, memijat mungkin mempromosikan penurunan berat badan lebih cepat.

Setelah Anda mencapai tujuan Anda, pastikan Anda terus melakukannya untuk menjaga berat badan Anda dan tetap sehat.

4. Meringankan insomnia

Meskipun prosedur ini sendiri tidak akan membantu Anda menghilangkan insomnia sepenuhnya, ini dapat membantu Anda untuk rileks, yang diperlukan untuk tidur yang baik.

Selain itu, Anda dapat menggunakannya sebagai tambahan untuk perawatan lain yang sudah Anda gunakan.

5. Memberi dorongan energi

Anda mungkin lupa menggunakan kopi pagi untuk membangunkan diri. Sebagai gantinya, Anda dapat mencoba menggosok telinga Anda sedikit lebih intens. Merangsang ujung saraf telinga Anda dapat mengaktifkan pusat otak tertentu dan membuat kelelahan memudar. Anda dapat melakukannya di siang hari juga, ketika Anda merasa bahwa kelelahan Anda semakin tidak terkendali dan tingkat energi Anda rendah.

Baca Juga: Cuci Beras di Wadah Rice Cooker, Berbahaya!

Coba gerakan ini:

  • Tarik perlahan bagian atas telinga Anda, pegang dengan ibu jari dan jari telunjuk.
  • Gosok jari Anda perlahan-lahan ke depan dan ke belakang sambil berjalan ke tepi luar telinga Anda.
  • Usap lipatan di belakang telinga Anda dengan gerakan ke bawah. Anda juga dapat mencoba melacak garis dan lekuk daun telinga Anda - jepit cuping dengan jari-jari Anda dan dengan lembut naikkan telinga.
  • Tarik cuping telinga menjauh dari kepala Anda.
  • Jepit lobus di antara jari-jari Anda lagi dan buat gerakan memutar dengan mereka, perlahan-lahan uleni lobus.
  • Tarik kulit di belakang telinga Anda juga dan bergerak ke bawah garis telinga. Anda dapat melakukan ini sampai jari-jari Anda mencapai rahang Anda.
  • Tempatkan telapak tangan Anda di atas telinga Anda sehingga benar-benar tertutup.
  • Tekan ke telinga Anda dan geser telapak tangan Anda ke bawah untuk membuat bagian atas ikal daun telinga Anda.
  • Tutup auricle dengan telapak tangan lagi dan mulailah membuat gerakan memutar dengan tangan Anda.

Sumber: sonora.id

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0