Sama-sama Mengandung Kafein Berbahayakah Minum Kopi Campur Teh?

Teh dan kopi adalah dua jenis minuman yang mengandung kafein meski kadarnya berbeda.
Supriyanto - Health,Kamis, 17-09-2020 16:59 WIB
Sama-sama Mengandung Kafein Berbahayakah Minum Kopi Campur Teh?
Minuman kopi campur teh./pexels.com

Nusantaratv.com - Siapa yang tidak suka minum teh atau kopi? Kedua minuman khas ini tampaknya tidak dapat dipisahkan dari kebiasaan minum orang Indonesia. Beberapa orang tidak dapat bergerak tanpa mengkonsumsi kopi atau teh. Bahkan, banyak juga yang baru bangun tidur, harus minum kopi atau minum teh sebelum memulai beraktifitas.

Teh dan kopi adalah dua jenis minuman yang mengandung kafein meski kadarnya berbeda. Lalu apakah menikmati dua minuman ini dalam satu waktu ada efek sampingnya? 

Kopi bercampur teh bukanlah jenis minuman baru. Ratusan tahun lalu di Tiongkok minuman kopi campur teh sudah dinikmati turun temurun dan di negeri tirai bambu minuman teh campur kopi ini disebut dengan yuanyang dan sepertinya hingga kini belum ada kejadian fatal akibat mengonsumsi ini.

Jadi dapat disimpulkan meminum kopi dan teh secara bersamaan tidak menimbulkan bahaya tertentu. Namun, seperti diketahui bahwa teh dan kopi keduanya memiliki kandungan kafein. Yang jika dikonsumsi melebihi dosis dikhawatirkan akan menjadikan peminumnya kelebihan kafein.

Baca Juga: Jambu Biji Ampuh Lawan DBD

Sudah tahukan bagaimana reaksi kelebihan kafein bagi tubuh? Kamu bisa saja menjadi cemas, berdebar-debar, gelisah, sulit tidur bahkan pingsan jika terlalu berlebihan. Tapi jika dikonsumsi secara wajar dan tidak melebihi 7 cangkir perhari seharusnya akan baik-baik saja.

Oh iya, teh yang dimaksud pada artikel ini adalah teh dari tanaman teh. Bukan teh dari rempah, kelopak bunga, kulit buah dan lain-lain. Karena seperti kita ketahui bahwa teh tak melulu berasal dari tanaman teh.

Jadi jawabannya minum teh dan kopi secara bersamaan tidak menimbulkan bahaya dan efek samping asal mengikuti batas dosis wajar tubuh masing-masing. Jadi kini kamu tak perlu khawatir lagi jika ingin mengonsumsi yuanyang atau menu-menu minuman eksperimental yang menggunakan kopi dan teh sebagai bahan bakunya!

Sumber: majalah.ottencoffee.co.id

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0