Peneliti Temukan Obat Kumur Bantu Kurangi Risiko Infeksi Covid-19

Peneliti Meyakini Jika Hasil yang Sama Bisa Diperoleh dalam Menangani Pasien Covid-19.
Adiantoro - Health,Selasa, 20-10-2020 10:28 WIB
Peneliti Temukan Obat Kumur Bantu Kurangi Risiko Infeksi Covid-19
Ilustrasi.

Jakarta, Nusantaratv.com - Sejumlah obat kumur, termasuk obat kumur antiseptik dan hirup ternyata berpotensi membuat virus corona manusia tidak aktif.

Virus corona manusia memiliki struktur mirip dengan virus SARS-CoV-2, atau yang dikenal sebagai virus corona. Mengutip Slash Gear, Selasa (20/10/2020), para peneliti dari Penn University, Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat (AS), mengevaluasi sejumlah obat kumur oral dan nasal. Beberapa di antaranya mampu membuat 99,9 persen virus corona manusia tidak aktif dalam 30 detik.

Vaksin akan mengubah situasi terkait Covid-19. Tapi, masih harus menunggu waktu sebelum perawatan ini tersedia. Sementara saat ini, tindakan pencegahan seperti memakai masker dan rutin mencuci tangan bisa mengurangi risiko penularan Covid-19. Sejumlah obat kumur mulut dan obat kumur antiseptik bisa menjadi alat tambahan untuk mencegah penularan.

Baca Juga: Waspada! Covid-19 Sanggup Bertahan Hidup di Layar Ponsel dan Uang Kertas

Dokter kerap menggunakan cairan shampo bayi sekitar 1 persen untuk membersihkan infkesi sinus. Dan, ternyata cairan ini mampu membuat virus corona manusia tidak aktif lebih dari 99,9 persen setelah dua menit. Sedangkan beberapa obat kumur lainnya bisa mencapai hasil yang sama setelah 30 detik.

Temuan mereka mengindikasikan jika langkah-langkah pencegahan bisa mengurangi penyebaran virus pada mulut dan rongga hidung. Dua bagian ini adalah sumber penularan utama dan pintu masuk virus corona manusia.

Karena virus corona manusia dan SARS-CoV-2 memiliki struktur yang mirip. Jadi, para peneliti meyakini jika hasil yang sama bisa diperoleh dalam menangani pasien Covid-19. Kendati demikian, penelitian klinis masih perlu dilakukan untuk melihat apakah keyakinan para peneliti ini benar atau tidak.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0