Meski Mungil, Buah Kersen Dapat Turunkan Gula Darah

Buahnya saat sudah masak berwarna merah dan manis rasanya.
Supriyanto - Health,Sabtu, 01-08-2020 17:51 WIB
Meski Mungil, Buah Kersen Dapat Turunkan Gula Darah
Buah kersen, meski ukurannya mini, namun memiliki banyak manfaat bagi tubuh./youtube.com

Nusantaratv.com - Pohon kersen atau pohon seri, banyak tumbuh di sekitar kita. Tanaman ini digolongkan sebagai tanaman liar karena dapat tumbuh dimana saja tanpa perlu kita budidayakan. Buahnya saat sudah masak berwarna merah dan manis rasanya. Meski ukurannya mungil, namun buah kersen kaya manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Pohon kersen adalah tanaman yang berasal dari daerah Amerika Latin. Namun tanaman bernama ilmiah Muntingia calabura tersebut dapat ditemukan di hampir seluruh negara tropis.

Misalnya saja di Meksiko, Jamaika, India, Filipina, termasuk Indonesia. Namanya pun berbeda tiap negara. Ada yang menyebutnya jamaica cherry, aratiles, kersen, kerson fruit, ataupun ceri lokal.

Baca Juga: Urin Berbusa? Jangan Diabaikan!

Buah berdaging manis ini dapat tumbuh dengan sangat cepat dan liar di hutan tropis, lahan pertanian, bahkan tanah kosong sekalipun. Bahkan, tanaman kersen dapat berkembang subur di kondisi tanah yang buruk, misalnya bersifat asam dan alkali.

Manfaat Buah Kersen

Buah kersen ternyata memiliki kandungan vitamin, antioksidan, bahkan antibiotik alami yang baik bagi tubuh. Apa saja khasiat buah kersen itu? Berikut ulasannya.

Menurunkan Kadar Gula Darah
Bagi Anda penderita diabetes, buah kersen dapat menjadi salah satu pilihan untuk dikonsumsi. Buah ini mengandung zat anti-diabetes, seperti asam askorbat, serat, beta-karoten, riboflavin, dan tiamin.

Ada juga kandungan niacin dalam buah ini yang berguna untuk mengontrol kadar gula darah dan mencegah hiperglikemia dalam tubuh.
 

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Tak bisa dimungkiri, penyebab tersering tekanan darah tinggi adalah akibat gaya hidup yang tidak sehat, seperti makanan tinggi garam, tinggi lemak, dan merokok.

Nah, kandungan nitric oxide dalam buah kersen mampu melemaskan pembuluh darah.
Darah pun akan dapat mengalir dengan lancar dan secara langsung menurunkan tekanan darah Anda.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Mencegah Infeksi
Kandungan antioksidan yang beragam dan antibiotik alami membuat buah kersen bisa digunakan sebagai pengobatan infeksi. Antioksidan tinggi di dalam tubuh bisa mengurangi kerusakan sel akibat oksidasi sehingga meningkatkan kekebalan tubuh.
 

Menjaga Kesehatan Jantung
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, buah kersen dapat memperlancar aliran darah sehingga jantung akan lebih sehat.
Selain itu, daun kersen juga dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Ekstrak daun kersen juga memiliki efek perlindungan pada jaringan dan serum jantung.

Menjaga Kesehatan Pencernaan
Gangguan pencernaan yang paling umum adalah mag. Penyakit ini membuat Anda nyeri perut, mual, merasa kembung, dan muntah. Salah satu manfaat buah kersen adalah mencegah dan mengobati permasalahan di lambung karena memiliki sifat anti-inflamasi.

Selain itu, berdasarkan penelitian, buah kersen dapat menetralkan asam lambung dan melindungi mukosa lambung.

Mengatasi Flu
Kandungan buah kersen yang lain adalah vitamin C. Dalam 100 gram buah kersen, terdapat 150 mg vitamin C yang dapat berguna untuk pengobatan flu dan pilek.

Menurut penelitian, mengonsumsi vitamin C saat flu dapat mempersingkat durasi penyakit hingga 8% pada orang dewasa dan 14% pada anak-anak.

Mengatasi Asam Urat
Gout adalah penyakit radang sendi akibat tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Kandungan anti-inflamasi dalam buah kersen dapat meredakan nyeri yang disebabkan gout.

Baca Juga: Batu Tanduk Rusa Ginjal, Apa Itu?

Selain itu, anthocyanin—antioksidan yang terdapat dalam buah kersen—juga mampu mengurangi dan menghindari kenaikan kadar asam urat.

Sebagai Pereda Nyeri
Daun kersen dikenal memiliki sifat antinosiseptif, yaitu dapat menurunkan sensitivitas terhadap stimulus nyeri. Kandungan lainnya, seperti vitamin C dan flavonoid, juga berperan dalam meredakan nyeri.

Meski punya banyak manfaat, sebaiknya Anda tidak berlebihan dalam mengonsumsi buah kersen. Saat berlebihan, Anda dapat mengalami gangguan kesehatan, seperti sakit perut, mual, atau muntah.

Setelah tahu manfaat buah kersen, pasti Anda tidak bakal lagi mengabaikan buah ini, bukan? Mulai sekarang, Anda dapat menambahkan buah berdaging manis ini ke dalam daftar asupan harian Anda.

Sumber: radarpekalongan.co.id

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0