Masker Scuba dan Buff Dilarang Digunakan Penumpang KRL

Hindari penggunaan jenis scuba dan buff atau kain untuk menutupi mulut dan hidun
Supriyanto - Health,Kamis, 17-09-2020 13:22 WIB
Masker Scuba dan Buff Dilarang Digunakan Penumpang KRL
Masker Scuba dan Buff dilarang digunakan di KRL./mitrapost.com

Nusantaratv.com - Untuk menghadapi penyebaran virus corona atau Covid-19 beberapa langkah kebijakan telah ditetapkan oleh pemerintah pusat maupun daerah. Protokol kesehatan pun diberlakukan seperti physical distancing atau jaga jarak, WFH maupun pemakaian masker saat beraktifitas di luar rumah.

Peraturan terbaru terkait dengan penggunaan masker, masyarakat disarankan tidak menggunakan masker scuba dan buff. Ketentuan ini pun dipertegas dengan turunnya peraturan baru terkait protokol kesehatan oleh PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI).

Pihaknya tidak menyarankan kepada seluruh penumpang KRL menggunakan masker scuba dan buff.

Dikutip dari Kompas.TV, VP Corporate Communication PT KCI, Anne Purba menyatakan bahwa penumpang harus menggunakan masker yang efektif untuk menangkal virus.

“Hindari penggunaan jenis scuba dan buff atau kain untuk menutupi mulut dan hidung. Gunakan setidaknya masker kain yang terdiri dari minimal dua lapisan,” ungkapnya menjelaskan keputusan PT KCI  tersebut.

Keputusan atau aturan ini pun dipertegas oleh Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, yang menyatakan bahwa kedua jenis masker tersebut dinilai kurang efektif menangkal virus.

Pihaknya pun mendukung adanya aturan untuk tidak menggunakan masker scuba atau buff di dalam KRL.

“Masker dengan satu lapisan saja, terlalu tipis sehingga kemungkinan untuk tembus lebih besar,” jelasnya tegas.

Pasalnya, masker scuba ini biasanya mudah untuk ditarik ke leher sehingga penggunaannya menjadi tidak berarti.

Masker menjadi alat yang sederhana dan praktis untuk mencegah penyebaran virus corona karena mudah dibawa-bawa, dengan masyarakat menggunakan masker yang berkualitas, diharapkan penyebaran virus ini segera berakhir. Diharapkan masyarakat disiplin dalam menggunakan masker saat beraktifitas.

Sumber: sonora.id

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0