Masker Kain Ini Bisa Dibersihkan Pakai Sinar Matahari

Kain Anti Bakteri Seperti Ini ke Depan Bisa Dikembangkan dan Digunakan untuk Masker.
Adiantoro - Health,Kamis, 12-11-2020 14:25 WIB
Masker Kain Ini Bisa Dibersihkan Pakai Sinar Matahari
Ilustrasi. (Slashgear)

Jakarta, Nusantaratv.com - Masker wajah kain yang bisa digunakan kembali lebih murah dibandingkan membeli masker medis sekali pakai. Selain itu, masker kain lebih mudah ditemukan, dan bisa disesuaikan dengan wajah pemakai.

Dilansir dari Slashgear, Kamis (12/11/2020), salah satu kelemahannya adalah masker itu harus dicuci secara teratur untuk menghilangkan bakteri dan virus yang menempel pada kain. Jika pengguna tidak mencuci masker kain, bakteri dan virus pada kain bisa menempel pada permukaan yang tersentuh masker kain dan tangan.

Sebuah penelitian baru yang dipublikasikan oleh the American Chemical Society mengembangkan jenis masker kain katun baru yang dapat disterilkan dengan menjemurnya di bawah sinar matahari selama satu jam. Ide penciptaan masker ini adalah kadang orang lupa mencuci masker. Sehingga lebih mudah untuk menjemurnya selama satu jam.

Kain itu bisa dicuci dan bisa dicuci tangan hingga 10 kali. Mencuci dengan air panas dan sabun masih tetap menjadi cara yang disarankan untuk mensterilkan masker. Tapi, terpaan sinar matahari pada siang hari bisa menjadi tambahan yang bermanfaat untuk mengurangi jumlah patogen yang menempel pada permukaan masker.

Kain anti bakteri seperti ini ke depan bisa dikembangkan dan digunakan untuk masker, juga pakaian biasa. Nah! Saat wabah virus berlangsung, kain seperti ini bisa mengurangi kontaminasi di permukaan. Saat ini belum diketahui apakah para peneliti ingin mengomersialkan kain unik mereka.
 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0