Kulit Ditumbuhi Panu? Begini Cara Menghilangkannya

Panu atau (Tinea versicolor) adalah penyakit kulit karena jamur.
Supriyanto - Health,Jumat, 18-09-2020 16:27 WIB
Kulit Ditumbuhi Panu? Begini Cara Menghilangkannya
Menjaga kebersihan agar kulit tidak ditumbuhi jamur./unsplash

Nusantaratv.com - Panu atau (Tinea versicolor) adalah penyakit kulit karena jamur. Tanda-tanda munculnya panu adalah timbulnya bercak-bercak putih pada kulit disertai rasa gatal. Warna bercaknya tidak selalu putih, tapi bisa berwarna cokelat, merah, hitam tergantung pada warna kulit penderita.

Panu tidak sama dengan jerawat. Jerawat terlihat menonjol, sedangkan panu tidak menonjol mirip seperti kulit pada umumnya. Saat kita berkeringat, maka panu akan terasa gatal. Malassezia adalah jamur penyebab panu. Jamur ini umumnya memang tumbuh di kulit manusia namun tidak berbahaya. 

Penyakit ini tidak menular, tapi bila kamu terkena panu, dengan berjalannya waktu, bercak-bercak pada kulit akan melebar. Hal ini disebabkan karena pertumbuhan jamur yang tidak terkendali. Selain menimbulkan rasa gatal, kulit yang ditumbuhi panu akan terasa kasar seperti bersisik.

Baca Juga: 4 Tempat Terlarang untuk Menyimpan Ponsel

Pertumbuhan jamur malassezia pada kulit seseorang berbeda-beda, bergantung pada kebersihan kulit dan faktor-faktor lain yang memicu tumbuhnya jamur ini.

Penyebab munculnya panu:

  1. Berusia remaja atau dewasa muda
  2. Produksi keringat berlebihan
  3. Jenis kulit berminyak
  4. Tingkat kekebalan tubuh yang rendah
  5. Tinggal pada daerah yang lembap dan bersuhu panas
  6. Mengalami perubahan hormon

Biasanya panu timbul pada area kulit yang sering berkeringat, yaitu wajah, leher, dada, ketiak, lengan, punggung, perut, lipatan paha, juga tangan. Panu memang bukan penyakit yang berbahaya, tapi jika timbul pada area terbuka tentu akan mengganggu penampilanmu. Tentunya menurunkan rasa percaya diri (PD) karena panu yang terlihat oleh semua orang. Panu juga mengganggu kenyamananmu karena adanya rasa gatal yang terus-menerus.

Cara menghilangkan panu dengan cepat dalam 1 hari dengan cara kasar (kulit akan terasa perih):

1. Bawang Putih

Manfaat bawang putih itu betul-betul sangatlah luar biasa karena kandungan bawah putih mempunyai senyawa anti-bakteri yang bisa membunuh seluruhnya tipe jamur dan kuman terutama pada kulit.

Cara menghilangkan panu dengan bawang putih:

  • Ambillah 1 siung bawammg putih lalu potong jadi dua.Potongan bawang putih tersebut lalu gosokkan pada kulit yang ada panunya. Gosok terus hingga kulit memerah dan terasa sedikit perih. Tahan rasa perihnya hingga hilang. Setelah hilang gosokkan lagi bawang putih ke area panu tersebut hingga panu benar-benar hilang.

2. Lengkuas dan garam

Lengkuas mempunyai senyawa kuersetin, amilum dan flavonoid yang berguna untuk mengatasi bakteri serta jamur, lengkuas juga sudah banyak digunakan oleh nenek moyang kita dari dulu untuk mengatasi penyakit kulit seperti panu.

Cara menghilangkan panu dengan lengkuas dan garam:

  • Ambilah 1 lengkuas lalu belah jadi dua. Lalu gosokkan belahan lengkuas tersebut pada kulit yang ada panunya. Agar hasilnya lebih maksimal kita bisa menaburkan sedikit garam dibagian luar belahan lengkuas tadi. Gosok kulit yang terserang panu sampai kulit agak memerah dan terasa pedih. Lakukan hal sejenis itu 3 kali dalam sehari, panu akan menghilang dengan cepat.

Cara menghilangkan panu dengan cara halus:
Langkah halus kelebihannya kulit tidak akan terasa pedih dan kekurangan langkah halus itu membutuhkan waktu sekitar 2-3 hari agar panu bisa menghilang.

1. Belimbing wuluh dan kapur sirih

Paduan gabungan belimbing wuluh bersamaan kapur sirih akan jadi bahan yang sangat efektif dan ampuh untuk mengatasi panu dan jamur.

Baca Juga: Manfaat Minum Air Rebusan Kayu Manis

Cara menghilangkan panu dengan belimbing wuluh dan kapur sirih:

  • Tumbuk halus belimbing wuluh lalu campur dengan kapur sirih sekedarnya, setelah itu oleskan secara merata di bagian kulit yang ada panunya. Biarkan sampai kering, setelah kering baru bilas dengan air bersih. 

2. Jeruk Nipis dan belerang

Kandungan ekstrak vitamin C jeruk nipis dan mineral pada belerang dapat ampuh membunuh kuman serta jamur yang membandel terutama panu.

Cara menghilangkan panu dengan jeruk nipis dan belerang:

  • Tumbuk halus belerang sekedarnya dan campur dengan perasan air jeruk nipis lantas aduk rata dan oleskan pada panu. Lakukan cara ini 2-3 kali sehari secara teratur. Jadi panu akan menghilang dengan cepat.

Sumber: liputan6.com

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0