Jangan Menempelkan Masker di Dagu, Ini Bahayanya

Masker pun kini muncul dengan berbagai bentuk desain, seakan masker menjadi trend fashion di kehidupan baru sekarang ini. 
Supriyanto - Health,Minggu, 26-07-2020 20:21 WIB
Jangan Menempelkan Masker di Dagu, Ini Bahayanya
Jangan Menempelkan Masker di Dagu Saat di Luar./Shiraz Ahmed/WDET

Nusantaratv.com - Di masa new normal, menggunakan masker saat di luar rumah menjadi keharusan. Kebijakan ini dimaksudkan untuk mencegah penyebaran virus corona. Jadi meski pandemi belum bebas 100% tapi kita semua sudah dapat beraktivitas di luar rumah.

Masker pun kini muncul dengan berbagai bentuk desain, seakan masker menjadi trend fashion di kehidupan baru sekarang ini. 

Jadi fenomena baru, penggunaan masker di kehidupan sehari-hari saat pandemi harusnya dapat mendukung “syarat protokol kesehatan”, sehingga masker memiliki peranan penting dalam melindungi kita dari serangan virus corona. Namun masih banyak orang salah kaprah dalam penggunaan masker. Ada yang menempelkan masker di dagu. Padahal dagu kita ada kemungkinan tertempel oleh virus corona tersebut. Dan di saat masker dipindahkan ke dagu, maka virus-virus yang menempel ke dagu akan berpindah ke masker dan terhirup oleh kita.

Baca Juga: Peristiwa Sejarah Tanggal 26 Juli

Menggunakan Masker Sebagai Pencegahan Apabila Seseorang adalah Carrier Tanpa Gejala

Jangan Menempelkan Masker di Dagu Saat di Luar, Ini Alasannya!

Crystal Cox/Business Insider

Penggunaan masker ini harus lebih diperhatikan, baik dari segi maskernya sendiri ataupun dari segi pemakaiannya. Apalagi saat ada informasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) bahwa covid-19 penularannya bisa melalui udara atau airborne. Walau tidak ada gejala, bisa saja kita menjadi carrier untuk orang lain.

Jadi gunakanlah masker dengan benar. Mungkin sebagian dari kita pernah – bahkan sering, mengenakan masker dan menempelkan masker ke bagian dagu pada saat makan atau minum. Bila hal ini sering dilakukan, kurangilah mulai dari sekarang. Karena resikonya kita mudah terkontaminasi covid-19.

Virus, Bakteri, dan Benda lain yang ada di dagu dan leher bisa menempel di dalam masker

Hal lain yang membuat kebiasaan ini berisiko adalah, saat mengenakan masker, bagian dalam masker akan menyentuh hidung dan mulut. Sementara itu, saat menurunkan masker, bagian dalam masker akan menyentuh area dagu dan leher. Kedua area tersebut bisa jadi area yang mudah terekspos oleh bakteri, kuman, bahkan virus. Bukan tidak mungkin jika bagian dalam masker setelah dikenakan kembali akan terkontaminasi benda apapun yang menempel dari leher.

Baca Juga: Kreatif! Pandemi Corona Tak Membuat Seorang Gadis Mati Gaya, Ini yang Dilakukannya

Simpan Masker di Wadah tertutup Jika Akan Digunakan Kembali

Erin Sorrell, professor asisten riset dari departemen mikrobiologi dan imunologi, Georgetown University mengatakan, jangan gantungkan masker ke leher, apalagi jika masker tersebut hendak digunakan lagi.

Jika hendak melepaskan masker, sebaiknya yang dipegang adalah talinya dan jangan menyentuh maskernya. Setelah dilepas, masker simpan di tempat tertutup agar tidak terkontaminasi virus.

Jadi, sudah tahu kan resiko menempelkan masker di leher? Mulai sekarang jangan lagi lengah saat menggunakan masker jika sedang keluar rumah. Selalu jaga kesehatan selama pandemi, demi keselamatan diri kita dan keluarga.

Sumber: holamigo.id

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0