Jangan Gendong Anak Setelah Merokok, Kenapa?

Kadang setelah merokok, seorang ayah tak sadar langsung menggendong si kecil.
Supriyanto - Health,Kamis, 19-11-2020 23:30 WIB
Jangan Gendong Anak Setelah Merokok, Kenapa?
Seorang ayah menggendong anaknya

Nusantaratv.com - Seorang pria yang gemar merokok, kadang tak memandang tempat, inginnya merokok terus. Tentu merokok sah-sah saja dilakukan sepanjang menyadari lokasi tempatnya merokok, terutama usahakan jauh dari anak ketika sedang merokok, karena asapnya dapat terhirup oleh si kecil.

Kadang setelah merokok, seorang ayah tak sadar langsung menggendong si kecil. Padahal bisa saja bekas asap rokok menempel di pakaian atau tangan yang bisa terhirup oleh sang anak.


 Ilustrasi Ayah dan AnakIlustrasi Ayah dan Anak © https://www.shutterstock.com/g/AlbertShakirov

Kalau hal ini sering dilakukan, tanpa disadari, sang anak telah menjadi perokok pasif yang menghirup residu dari sisa-sisa asap rokok yang menempel pada permukaan benda atau pakaian yang terpapar asap rokok. Seperti kita tahu, rokok sendiri mengandung beberapa zat yang berbahaya yang dapat menimbulkan penyakit.

Dilansir dari laman klikdokter.com, dr. Theresia Rina Yunita mengatakan bahwa residu yang berasal dari asap rokok ini bisa saja menempel di pakaian. Oleh sebab itu, ketika ayah langsung menggendong si kecil setelah merokok, besar kemungkinan anak akan batuk dan pilek.


 ilustrasi ayah dan bayiilustrasi ayah dan bayi © iStock

Lebih lanjut, dr. Theresia Rina Yunita mengungkapkan bahwa anak yang terbiasa menghirup residu asap rokok dari pakaian ayahnya ini bisa meningkatkan kemungkinan, dia akan mengalami penyakit asma bila sudah besar nantinya.

Baca Juga: https://www.nusantaratv.com/health/news/jangan-tunda-makan-bisa-picu-batu-empedu

Bahkan, lebih parahnya lagi anak bisa mengalami kanker paru-paru. Hal ini juga selaras dengan keterangan dari dr. Resthie Rachmanta Putri yang mengatakan bahwa anak yang menjadi perokok pasif ini mempunyai risiko 1,5 sampai 2 kali lipat bisa mengalami kanker paru-paru bila sudah besar nanti.

Tentu ayah dan ibu tak mau anak sampai mengalami hal tersebut bukan? Beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu dengan merokok hanya di luar rumah saja yang jauh dari anak serta jangan lupa mandi dan ganti baju ketika mau menggendong si kecil setelah merokok. Semoga ulasan ini membantu ya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0