Dua Minggu Lagi Rusia Pakai Vaksin Corona Buatannya

Keampuhan vaksin ini diragukan
Mochammad Rizki - Health,Rabu, 29-07-2020 22:37 WIB
Dua Minggu Lagi Rusia Pakai Vaksin Corona Buatannya
Ilustrasi vaksin corona. (Net)

Rusia, Nusantaratv.com - Dalam dua pekan mendatang, Rusia disebut bakal menjadi negara pertama di dunia yang menyetujui penggunaan vaksin corona. 

Namun, proses penelitian serta pengembangan vaksin tersebut diragukan. Juga tingkat kemanjurannya. Sebab, Rusia diduga tak melaksanakan seluruh persyaratan pembuatan vaksin.

Baca juga: Anies: Tak Pakai Masker Berarti Tak Peduli Keselamatan Orang Lain 

Sumber pejabat Rusia menuturkan, mereka berencana mendapatkan persetujuan vaksin dari pemerintah pada 10 Agustus atau lebih cepat. Vaksin itu disebut diproduksi Institut Gamaleya.

Usai mendapatkan persetujuan pemerintah, vaksin akan langsung digunakan untuk masyarakat. Tapi, yang paling utama menjalani vaksinasi ialah para petugas kesehatan.

"Ini mirip momen Sputnik," ujar Kepala Badan Dana Kesejahteraan Rusia, Kirill Dmitriev.

Sputnik disebut menjadi donatur utama riset dan produksi vaksin corona.

"Amerika Serikat terkejut ketika mendengar Sputnik mengirim sinyal dari luar angkasa. Hal ini sama dengan pembuatan vaksin Covid-19, Rusia akan mendapatkannya lebih dulu," tutur Dmitriev.

Meski begitu, hingga kini Rusia sama sekali belum memaparkan data penelitian terkait pengembangan dan uji coba vaksin itu. Sehingga tingkat keamanannya belum bisa dipastikan. 

Diduga, desakan untuk segera menyetujui penggunaan vaksin akibat tekanan politik dari pemerintah Rusia, yang berharap hal itu bisa menaikkan citra negara itu sebagai salah satu pusat ilmu pengetahuan dunia.

Di samping itu, dikhawatirkan tahapan uji coba vaksin yang dilakukan Rusia kepada manusia tak lengkap. (CNN) 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0