Benarkah Tidur dengan Lampu Menyala Bikin Gendut?

Ada sebagian orang baru bisa tidur kalau lampu dimatikan. Namun ada pula yang tidur dengan lampu tetap menyala. 
Supriyanto - Health,Kamis, 22-10-2020 20:27 WIB
Benarkah Tidur dengan Lampu Menyala Bikin Gendut?
Tidur

Nusantaratv.com - Tidur merupakan salah satu aktivitas yang wajib kita lakukan dan dengan waktu yang tepat. Orang dewasa membutuhkan 7-8 jam untuk tidur, sedangkan anak-anak dan remaja membutuhkan waktu kurang lebih 10 jam. 

Ada sebagian orang baru bisa tidur kalau lampu dimatikan. Namun ada pula yang tidur dengan lampu tetap menyala. 

Ada pendapat bahwa tidur dengan lampu menyala itu tidak baik bagi kesehatan karena dapat menimbulkan obesitas. Benarkah demikian?

The New York Times, membenarkan bahwa tidur dengan lampu menyala dapat menyebabkan berat badan naik. Sebuah penelitian yang diterbitkan JAMA Internal Medicine, tidur dengan lampu menyala dapat meningkatkan risiko obesitas.

Penelitian dilakukan terhadap perkembangan 43.722 wanita sehat dengan usia rata-rata 55 tahun selama 6 tahun. Para wanita tersebut dimintai keterangan bagaimana mereka tidur. Ternyata, mereka yang tidur dengan cahaya buatan punya indeks massa tubuh lebih tinggi dan lingkar pinggan lebih besar dari mereka yang tidur tanpa cahaya.

Setelah diteliti lebih lanjut, benar saja, tidur dengan lampu menyala bisa meningkatkan berat badan hingga 11 pound bahkan lebih. Pertambahan berat badan yang terus menerus ini bisa meningkatkan obesitas seberas 22 persen.

Namun penjelasan bagaimana hal ini bisa terjadi masih belum jelas. Kemungkinannya cahaya dapat mengganggu tidur. Cahaya lampu juga menyebabkan gangguan nafsu makan dan ngantuk di siang hari, yang bisa mengurangi aktivitas fisik.

Tidur nyenyak sangat penting bagi kesehatan. Hal yang sangat sederhana yang dapat dilakukan orang untuk mengurangi risiko obesitas adalah dengan mematikan lampu sebelum tidur,” ucap Dale P.Sandler, ahli epidemiologi dari National Institutes of health.
 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0