Minum Rutin Air Rebusan Kencur, dan Rasakan Khasiatnya

Salah satu manfaat medis dari kencur adalah membersihkan darah kotor dan mengatasi flu.
Supriyanto - Health,Jumat, 11-09-2020 13:53 WIB
Minum Rutin Air Rebusan Kencur, dan Rasakan Khasiatnya
Minuman beras kencur./steemit

Nusantaratv.com – Pernahkah minum jamu beras kencur? Rasanya sedikit pedas dan hangat. Kencur memang sudah sejak lama digunakan oleh nenek moyang sebagai salah satu bahan jamu.

Kencur adalah salah satu jenis bumbu dapur yang memiliki aroma khas yang segar dan menyeruak. Selain digunakan sebagai penambah cita rasa dalam masakan, manfaat kencur juga sudah lama dikenal sebagai obat alami

Dilansir dari The Health Benefits Of, kencur mempunyai nama latin Kaempferia galanga. Manfaat Kaempferia galanga telah diuji dalam berbagai penelitian. Salah satu manfaat medis dari kencur adalah membersihkan darah kotor dan mengatasi flu.

Kencur.(cermati.com)

Kencur masih satu keluarga dengan jahe atau Zingiberaceae. Jadi, jangan heran jika banyak orang sering keliru membedakan kencur dengan jahe maupun lengkuas karena bentuknya yang hampir mirip. Padahal nyatanya, kencur bisa membawa manfaat yang berbeda dari jahe untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Bahaya Mana, Darah Tinggi atau Rendah?

Kencur adalah tanaman akar monokotil dalam keluarga tanaman jahe. Tanaman ini banyak ditemukan di wilayah Indonesia, Tiongkok, Kamboja, India dan Taiwan. Selain itu juga banyak dibudidayakan di seluruh Asia Tenggara. Kencur sangat bermanfaat untuk berbagai penyakit.

Bersihkan Darah Kotor

Salah satu manfaatnya membersihkan darah kotor. Cara membuat ramuannya ambil kencur, dua butir cengkeh kering, daun fistula cassia, dan biji adas seperlunya. Campur lalu direbus dalam 1 liter air. Biarkan mendidih. Saring dan diamkan dingin, diminum dua kali sehari.

Mengobati Masuk Angin

Mengobati flu sangat mudah dengan kencur. Bilas bersih, tambahkan garam, lalu rebus. Minum airnya hangat-hangat dua kali sehari.

Mengobati Tukak Lambung

Cuci atau bersihkan dua ruas kencur. Kupas dan kunyah langsung, telan airnya dan buang ampasnya. Lakukan beberapa kali sampai sembuh.

Mengobati Mulas

Manfaat kencur bisa mengobati mulas. Cukup mencuci kencur dan parut. Kemudian tambahkan sedikit air rebusan dan garam. Saring dan minum airnya sebanyak 2-3 kali sehari.

Mengobati Keseleo

Kencur juga berguna untuk mengobati keseleo. Cukup bersihkan satu ruas kencur dan campur dengan segenggam beras yang sudah direndam. Lalu, tumbuk keduanya hingga halus dan oleskan pada area yang terkilir.

Mengobati Batuk

Ambil satu ruas kencur dan parut sampai rata, campur air hangat dan aduk hingga merata. Saring dan minum, baik juga tambahkan sedikit garam. Minum ramuan tradisional ini sekali sehari.

Baca Juga: Gejala Awal Seseorang Terkena Tekanan Darah Rendah

Obat Diare

Hancurkan dua ruas kencur dengan dua siung bawang merah sampai benar-benar hancur. Berikan daun pisang untuk membungkus hasil tumbukan, panggang di atas bara, lalu oleskan pada perut. Ramuan ini akan mengobati diare dengan cepat.

Sumber: jawapos.com

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0