Manfaat Minum Air Rebusan Kayu Manis

Batang atau bubuk kayu manis dibuat menjadi minuman herbal yang dapat menghangatkan tubuh.
Supriyanto - Health,Selasa, 15-09-2020 11:29 WIB
Manfaat Minum Air Rebusan Kayu Manis
Air rebusan kayu manis./m.diadona.id

Nusantaratv.com - Kayu manis merupakan salah satu rempah yang sering ditambahkan dalam berbagai masakan sebagai penyedap rasa. Bukan hanya menu masakan utama, kayu manis juga tidak jarang dicampurkan ke dalam adonan kue untuk menambah aroma harum dan sedap. Bahkan tidak jarang batang atau bubuk kayu manis dibuat menjadi minuman herbal yang dapat menghangatkan tubuh.

Tidak sekedar menghangatkan tubuh, sajian minuman yang menggunakan bahan kayu manis ternyata mempunyai beberapa khasiat lain yang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan yang terdapat dalam kulit batang kayu manis bahkan mampu mengobati berbagai penyakit. Mulai dari penyakit ringan hingga kronis.

Baca Juga: Makanan Ini Dapat Turunkan Kadar Kolesterol!

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa jenis tertentu dari kayu manis yaitu kayu manis cassia, dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Namun, penelitian lain belum menemukan manfaatnya. Manfaat kayu manis lainnya yang dapat menurunkan kolesterol dan mengobati infeksi jamur pada orang dengan HIV juga belum dapat dikonfirmasi.

Studi laboratorium telah menemukan bahwa kayu manis dapat mengurangi peradangan, memiliki efek antioksidan, dan melawan bakteri. Akan tetapi, temuan ini harus diteliti lebih dalam lagi untuk mengetahui risiko yang mungkin dapat ditimbulkan.

Apa saja manfaat kayu manis bagi tubuh? Yuk disimak!

1. Meringankan gejala menstruasi
Sering tidak sih saat memasuki periode menstruasi terasa nyeri di bawah perut, pinggang, mual atau bahkan sampai pingsan? Salah satu cara untuk meredakan gejala-gejala tersebut dengan mengkonsumsi rebusan kayu manis dan dicampur dengan teh. Rebusan kayu manis ini akan menenangkan perut dan kontraksi serta mengurangi rasa mual.

2. Melawan bakteri dan jamur
Di dalam kayu manis terdapat kandungan antibakteri dan antijamur yang dapat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan ini dapat mencegah infeksi penyakit yang disebabkan oleh bakteri maupun jamur, seperti bakteri E.coli, Salmonella, dan Staphylococcus.

3. Menjaga kesehatan otak
Ternyata mengonsumsi air rebusan kayu manis juga dapat menjaga kesehatan dan fungsi kerja otak, lho! Kayu manis dapat membantu melindungi neuron dan meningkatkan fungsi motorik. Selain itu juga, manfaat yang didapatkan dari kayu manis ini dapat mencegah penyakit degeneratif seperti Parkinson dan Alzheimer yang biasanya ditandai dengan hilangnya struktur dan fungsi sel otak.

4. Mengatasi gula darah
Kayu manis juga mengandung sifat antidiabetik yang dapat menurunkan gula darah dalam tubuh. Kayu manis juga dapat berfungsi untuk mengeluarkan gula yang ada dalam aliran darah tubuh. Selain itu juga, mengonsumsi rebusan kayu manis dapat mencegah meningkatnya kadar gula setelah makan dan membantu menstabilkan kadar glukosa dan lipid pada penderita diabetes tipe 2.

5. Mencegah penuaan dini
Untuk kamu yang ingin menjaga kulit kamu agar tidak mengalami penuaan dini bisa dilakukan dengan meminum rebusan kayu manis, lho! Faktanya, kayu manis dapat meningkatkan kolagen, elastisitas dan dehidrasi pada kulit sehingga mencegah terjadinya kerutan wajah. Kayu manis juga dapat mencegah timbulnya jerawat karena memiliki sifat antibakteri.

Baca Juga: Generasi Milenial? Lakukan Tata Cara Ini Buat Es Kopimu Rendah Kalori

Melihat banyaknya manfaat yang diberikan oleh kayu manis ini, tertarik enggak kamu mencobanya?

Sumber: herstory.co.id

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0