Kehebatan Air Rebusan Daun Kelor

Malah dibandingkan buah pisang, kandungan potasium daun kelor juga 3 kali lebih besar.
Supriyanto - Health,Senin, 27-07-2020 20:07 WIB
Kehebatan Air Rebusan Daun Kelor
Daun kelor sejak dahulu kanal dikenal memiliki berjuta manfaat bagi manusia./

Nusantaratv.com - Selama ini daun kelor memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Daun kelor yang di Indonesia kerap dianggap memiliki aura mistis, ternyata memiliki segudang khasiat bagus bagi kesehatan.

Berbagai zat atau nutrisis yang terkandung di dalam daun kelor memang beragam. Seperti Vitamin A, C, B1, B2, B3, dan berbagai mineral penting lainnya. Bahkan kandungan vitamin A di daun kelor 4 kali lebih besar ketimbang wortel.

Disamping itu, kandungan vitamin Cnya juga 7 kali lebih besar ketimbang jeruk. Daun kelor juga memiliki kandungan kalsium dan protein yang cukup tinggi. Malah dibandingkan buah pisang, kandungan potasium daun kelor juga 3 kali lebih besar.

Karena memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menggalakan penanaman pohon kelor di wilayah Afrika yang masuk kategori miskin. Warga disana disuruh mengkonsumsi daun kelor agar memiliki kesehatan yang lebih baik. Hal ini karena daun ini terbukti ampuh sebagai ‘obat alami yang murah’ bagi masyarakat miskin di Afrika dan berbagai negara miskin lainnya.

Tak kurang dari 300 jenis penyakit bisa diatasi daun bulat kecil ini. Sudah barang tentu, daun kelor bisa mencegah virus corona masuk dalam tubuh. Manfaat air rebusan daun kelor jauh lebih besar ketimbang bayam ataupun sayuran hijau lainnya. Mengonsumsi daun kelor akan meningkatkan energi dan daya tahan tubuh, serta memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Baca Juga: Konsumsi 2 Butir Telur Per Hari, Ini Manfaatnya

Manfaat Air Rebusan Daun Kelor untuk Obati Berbagai Penyakit

Daun hijau ini juga efektif mengatasi sejumlah penyakit. Dari penyakit anemia karena kekurangan zat besi, penyakit beri-beri akibat kekurangan vitamin B1, kulit kering dan pecah-pecah karena kurang vitamin B2.

Lalu apa sajakah manfaat air rebusan daun kelor?

1. Mengobati Kanker

Daun kelor memiliki sifat anti kanker. Hal tersebut karena kelor mengandung niazimicin, sebuah senyawa yang mampu menekan perkembangan sel-sela kanker dalam tubuh. Selain itu, daun kelor juga mempunyai senyawa beta-sitosterol yang bermanfaat mengecilkan prostat menekan pertumbuhan sel kanker prostat serta usus besar.

Selain itu, beta-sitosterol mempunyai sifat anti-inflamasi, yang bisa membuat kadar gula darah tubuh lebih seimbang. Beta sitosterol juga mampu meningkatkan sistem ikun tubuh, baik untuk kesehatan pankreas, serta bisa menyembuhkan luka dengan cepat.

2. Menyehatkan Mata

Manfaat air rebusan daun kelor kedua yakni ampuh menyehatkan mata. Daun kelor mengandung zat yang bisa mengurangi timbulnya gangguan pada penglihatan kamu. Hal tersebut karena kandungan antioksidan tinggi yang ada pada daun kelor. Konsumsi daun kelor juga ampuh mencegah pelebaran pembuluh retina, menghambat disfungsi retina hingga mencegah penebalan membran kapiler.

 
3. Menurunkan Kadar Gula

Manfaat daun kelor yang diolah dengan cara di sayur atau meminum air rebusannya terbukti mampu menurunkan kadar gula darah dengan cepat. Konsumsi air rebusan daun kelor bisa menjaga kestabilan gula darah dalam tubuh.

Baca Juga: Jangan Menempelkan Masker di Dagu, Ini Bahayanya

4. Antioksidan

Manfaat air rebusan daun kelor selanjutnya yakni sebagai antioksidan. Antioksidan ini merupakan senyawa yang berperan untuk melawan radikal bebas pada tubuh. Jika tubuh terlalu banyak terpapar radikal bebas maka akan menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 juga sakit jantung.

Pada sebuah studi menyebut, seorang wanita yang mengonsumsi 1,5 sendok teh atau 7 gram bubuk daun kelor yang dijadikan teh setiap hari, mampu meningkatkan kadar antioksidan dalam darah.

5. Menurunkan Kolesterol

Manfaat air rebusan daun kelor juga ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Seperti diketahui, kolesterol tinggi akan membuat seseorang beresiko terkena penyakit jantung.

6. Gizi untuk Ibu Menyusui

Manfaat daun kelor terbukti mampu memperbanyak produksi ASI dan meningkatkan kualitas ASI. Ini sudah dibuktikan oleh berbagai penelitian ilmiah baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Daun kelor berasal dari pohon moringa oleifera dan memiliki banyak kandungan nutrisi baik seperti mineral, vitamin, dan lainnya. Kandungan flavonoid pada daun kelor juga membantu membuat produksi ASI makin berlimpah.

7. Sebagai Anti-Penuaan Dini

Selain baik untuk mengobati berbagai penyakit, manfaat air rebusan daun kelor juga bagus untuk kesehatan kulit yang anti penuaan dini. Kandungan antioksidan dalam daun kelor ampuh menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab terjadinya penuaan dini.

8. Menyehatkan Pencernaan
Konsumsi daun kelor juga baik untuk pencernaan kamu. Bagi kamu yang punya riwayat penyakit maag, bisa konsumsi rebusan daun kelor, untuk obat alami sakit maag anda.

Manfaat air rebusan daun kelor yang baik untuk kesehatan pencernaan ini karena daun kelor memiliki senyawa anti-inflamasi. Konsumsi rebusan air kelor akan membuat gejala sakit pencernaan seperti gastritis, sembelit atau gangguan lambung lainnya berangsur membaik. Cobalah konsumsi teh daun kelor yang bisa anda buat sendiri.

9. Mencegah Gangguan Ginjal

Konsumsi air rebusan daun kelor bisa menurunkan seseorang terkena gangguan batu di ginjal, kandung kemih bahkan rahim. Ini didapat lantaran daun kelur mengandung antioksidan yang tinggi sehingga bisa membantu kadar toksisitas pada organ ginjal.

10. Mengobati Anemia dan Penyakit Sel Sabit

Manfaat air rebusan daun kelor juga bisa mengobati anemia dna penyakit sel sabit. Daun kelor mampu membantu tubuh menyerap zat besi lebih banyak, sehingga jumlah sel darah merah dalam tubuh semakin meningkat.

11. Menyehatkan Tulang

Mengandung kalsium dan fosfor, manfaat daun kelor juga membantu menjaga kesehatan tulang. Memiliki sifat anti-inflamasi, daun kelor juga bisa mengurangi gejala sakit akibat peradangan sendi dan menyembuhkan tulang yang sudah rusak.

12. Melindungi Hati

Manfaat air rebusan daun kelor juga baik untuk menjaga kesehatan hatidna menjaga dari kerusakan hati yang diakibatkan oleh obat anti-tuberkular.

13. Menjaga Fungsi Otak

Beberapa orang mungkin mengalami gangguan psikis seperti depresi dan lainnya. Nah daun kelor ini ternyata bermanfaat menjaga fungsi otak sehingga mood dan pikiran kamu bisa tetap stabil.

Mengandung vitamin C dan E yang cukup tinggi, konsumsi rebusan daun kelor mampu melawan penyakit Alzheimer. Penelitian pada hewan terhadap Alzheimer dan demensia menunjukkan hasil yang menjanjikan.

14. Mengobati Asma

Manfaat air rebusan daun kelor juga bisa mengurangi gejala asma penderitanya. Hal tersebut karena daun kelor ternyata mampu melindungi penyempitan bronkial. Daun kelor bagus untuk memperbaiki fungsi paru-paru dan sistem pernapasan.

15. Melawan Bakteri

Memiliki sifat antibakteri, antimikroba dan antijamur, konsumsi rebusan air daun kelor bisa melawan infeksi yang disebabkan berbagai bakteri jahat seperti Rhizopus, E. Coli dan Salmonella.

Nah itulah beberapa manfaat air rebusan daun kelor yang bisa kami sampaikan. Agar selalu sehat, cobalah rutin konsumsi rebusan daun kelor. Untuk membuat ramuan daun kelor, caranya sangat mudah. Kamu tinggal ambil beberapa lembar daun kelor, bersihkan dengan air lalu keringkan pada wajan dibawah terik matahari. Setelah kering, kamu bisa menyeduhnya langsung layaknya teh, bisa juga ditumbuk atau di blender, lalu di seduh seperti kopi. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Sumber: harapanrakyat.com

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
1
angry
0
sad
0
wow
1