Jambu Biji Ampuh Lawan DBD

Jambu biji pamornya terkenal karena khasiat buah dan daunya yang paling mujarab dalam menyembuhkan penyakit demam berdarah...
Supriyanto - Health,Selasa, 08-09-2020 11:47 WIB
Jambu Biji Ampuh Lawan DBD
Jambu biji warnah merah diyakini ampuh melawan DBD./klikdokter.com

Nusantaratv.com - Sebuah rumah akan tampak asri ketika ditanami banyak tumbuhan, baik di bagian pekarangan maupun dalam ruangan. Buah-buahan, tanaman berdaun, hingga bunga bisa dijadikan pilihan. Mungkin tak banyak disadari, dari sekian banyak tumbuhan yang hidup di pekarangan terdapat tanaman herbal yang berguna sebagai obat alami.

Tanaman herbal adalah tumbuhan berupa daun, bunga, atau lainnya yang mengandung zat aktif untuk menyembuhkan atau meredakan penyakit.

Tanaman ini kerap disebut sebagai tanaman obat keluarga (Toga) sangat beragam jenisnya. Salah satunya tanaman Jambu Biji. Salah satu tanaman buah yang kaya akan nutrisi.

Tanaman Buah yang berasal dari Amerika Tengah ini rendah kalori, tinggi serat, dan mengandung beberapa vitamin penting bagi tubuh.

Baca Juga: Manfaat Daun Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan

Melansir Medical News Today, kandungan nutrisi dalam 100 gram buah jamu biji antara lain: 

  • KalorI: 68 kkal 
  • Karbohidrat: 14.32 gram 
  • Gula: 8.92 gram 
  • Lemak: 0.95 gram 
  • Serat: 5,4 gram 
  • Potasium: 417 miligram 
  • Vitamin C: 228.3 miligram 
  • Vitamin A: 624 international units (IU)

Dengan kandungan vitamin, mineral, dan serat, nutrisi dalam jambu biji dapat memberikan manfaat bagi tubuh.

Jambu biji pamornya terkenal karena khasiat buah dan daunya yang paling mujarab dalam menyembuhkan penyakit demam berdarah (DBD). Fungsinya untuk menambah trombosit penderita DBD yang biasanya menurun hingga di bawah batas normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memberikan air rebusan jambu biji pada penderita DBD, bisa menaikkan jumlah trombosit penderita sampai 100.000/mm3 dalam tenggang waktu sekitar 16 jam.

Di dalam daun jambu biji juga terkandung enzim quercetin yang berfungsi untuk menghambat terbentuknya enzim mRNA yang ada di dalam virus DBD. Oleh karena itu, daun jambu biji ampuh untuk mematikan virus DBD dan juga menambah cairan tubuh yang hilang. Jenis buah dan daun jambu biji yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit demam berdarah adalah jambu biji merah dan jambu biji putih.

Alangkah lebih baik lagi, bila yang dikonsumsi itu bukan hanya sekadar buahnya saja, melainkan daunnya juga yang bisa dijadikan jus.

Caranya: Ambil 5 lembar daun jambu biji, cuci bersih, lalu rebus dalam satu panci sedang. Biarkan air surut hingga tinggal 1/3 bagiannya saja. Setelah itu, minumkan pada si penderita DBD sesering mungkin misalnya 2-3 jam sekali.

Selain berkhasiat sebagai obat hebal DBD, jambu biji juga terbukti ampuh melawan penyakit demam, batuk, hipertensi, sembelit, mabuk perjalanan, dan diare.
Disamping itu, Jambu biji adalah salah satu sumber vitamin C terbaik bagi butuh. Kandungan vitamin C dalam jambu biji dua kali lipat lebih banyak dari buah jeruk. Vitamin C penting untuk menjaga sistem daya tahan tubuh. 

Baca Juga: 10 Obat Batuk Tradisional Paling Manjurm Wajib Dicoba!

Orang yang kekurangan vitamin C, rentan terkena infeksi maupun penyakit. Mengonsumsi buah yang kaya vitamin C ini, terbukti dapat mengurangi durasi pilek. 

Selain itu, jambu biji juga disebut punya manfaat antimikroba yang ampuh melawan bakteri dan virus jahat.

Sumber: utakatikotak.com

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0