Herbal Alami, Daun Sukun Kering

daun sukun kering mengandung kalium, yang berperan penting dalam menghancurkan batu ginjal
Supriyanto - Health,Senin, 28-09-2020 18:00 WIB
Herbal Alami, Daun Sukun Kering
Daun sukun memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh./khasiatsehat.com

Nusantaratv.com – Ada beberapa jenis daun yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal alami, yang dipercaya ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah daun sukun kering. Ternyata tidak hanya buahnya saja yang bisa kita manfaatkan sebagai camilan. Daunnya pun sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan.

Ini karena daun sukun kering mengandung kalium, yang berperan penting dalam menghancurkan batu ginjal dengan mengencerkan batu, sehingga dapat dikeluarkan melalui urin. Manfaat lainnya bisa kita dapatkan dari kandungan asam amoni esensial, ribflavin, hidrosinat, esetilkolin, tanin, dan polifenol. Berikut adalah manfaat daun sukun kering selengkapnya:

Daun sukun kering.(pixelproposal.com)

1. Dapat Menyembuhkan Luka
Manfaat pertama yaitu dapat menyembuhkan luka. Daun sukun kering, bisa kamu gunakan sebagai obat alami penyembuh luka, karena sifat antioksidan yang ada di dalamnya. Kandungan yang kaya akan senyawa polifenol, flavonoid, tanin, dan alkaloid dalam daun sukun juga akan membantu proses penyembuhan luka menjadi semakin cepat. Selain sifat antioksidan, daun sukun juga memiliki sifat antiperadangan dan antibakteri yang berguna mempercepat proses penyembuhan luka.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Kebanyakan orang di Jamaika, memanfaatkan daun sukun kering, untuk dijadikan teh. Mereka percaya, bahwa mengonsumsi teh daun sukun secara rutin dapat mencegah penyakit jantung. Penyakit jantung sendiri disebabkan oleh berbagai faktor. Misalnya, komplikasi hipertensi, diabetes, atau gagal ginjal. Senyawa dalam daun sukun, akan membuat tekanan darah menjadi normal dan meningkatkan aliran darah.

Baca Juga: Terkena Alergi di Usia Dewasa? Ini Sebabnya

Seperti yang telah dijelaskan, daun sukun mengandung senyawa flavonoid, riboflavin, dan siroterol yang berguna untuk menjaga jantung dari kerusakan sistem kardiovaskular. Minum teh daun sukun juga dapat menurunkan kadar kolesterol, dengan mengambil kolesterol dari darah dan mengeluarkannya melalui urin dan feses.

3. Meredakan Asam Urat
Daun sukun kering juga berkhasiat untuk meredakan asam usat. Dengan mengonsumsi the daun sukun secara rutin, asam urat yang selama ini kamu derita akan berkurang secara bertahap. Daun yang memiliki kandungan anti-inflamasi ini, sangat baik untuk mengurangi peradangan pada sendiri. Namun, jika ingin mengonsumsinya, usahakan untuk menghindari makanan dengan kandungan purin tinggi, karena purin adalah penyebab timbulnya asam urat.

Asam urat yang tinggi disebut sebagai hiperurisemia. Dimana pada kondisi ini dapat menyebabkan penyakit yang disebut encok. Meningkatnya kadar asam urat, masih berhubungan dengan kondisi kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, dan ginjal. Asam urat juga dapat terkumpul dalam tubuh karena beberapa sebab. Ini termasuk dalam pola makan, genetik, obesitas, dan stres.

4. Mengatasi Alergi
Kamu salah satu orang yang memiliki alergi akan sesuatu hal? Tenang saja, hal ini bisa diatasi hanya dengan memanfaatkan daun sukun kering, loh. Seperti yang kita tahu, alergi merupakan respons sistem kekebalan terhadap zat asing yang biasanya tidak berbahaya bagi tubuh. Alergi tersebut akan muncul ketika tubuh tidak mampu membentuk hormon atau enzim yang bertanggung jawab untuk sistem anti-alergen dalam tubuh.

Kemudian, kondisi inilah yang membuat sistem kekebalan tubuh mengalami kegagalan ketika mengenali beberapa zat. Sehingga akan menimbulkan reaksi ketika berhadapan dengan allergen. Dengan meminun satu gelas teh daun sukun secara rutin, dapat mengurangi reaksi dan timbulnya alergi.

5. Bermanfaat untuk Ginjal
Sudah sejak lama, daun sukun dikenal karena khasiatnya untuk mengobati ginjal. Gagal ginjal sendiri terjadi ketika ginjal kehilangan kemampuan untuk cukup menyaring limbah dari darah. Sehingga tubuh dipenuhi dengan racun, apabila ginjal tidak dapat melakukan pekerjaannya. Biasanya, bagi para penderita, mereka diharuskan melakukan hermodialisis secara teratur. Namun, hermodialisis memiliki beberapa efek yang cukup mengerikan. Seperti hipotensi, kelelahan, infeksi, hingga sepsis. Tapi, dengan mengonsumsi teh dari daun sukun kering, dapat membantu ginjal untuk bekerja lebih optimal sebagai diuretik.

6. Atasi Pembesaran Limpa
Manfaat selanjutnya, berkhasiat untuk mengobati pembesaran limpa. Hal ini karena teh dari daun sukun memiliki aktivitas anti-toksin, yang diperoleh dari kandungan antioksidannya yang tinggi. Teh daun sukun juga memiliki peran untuk melakukan detoksifikasi dan menhilangkan racun dari tubuh. Sehingga akan meringankan limpa. Dengan meminum satu cangkir per harinya, penyakit ini pun bisa segera teratasi.

Lantas, apa sebenarnya penyebab pembesaran limpa? Biasa ini terjadi karena kerusakan sistem limpa. Faktor risikonya beragam, namun yang paling umum adalah karena tubuh terlalu banyak menyimpan racun. Banyak makanan buruk membuat limpa tidak dapat berfungsi secara optimal dalam menciptakan enzim dan hormon yang dibutuhkan untuk menelan makanan, sehingga limpa akan rusak. Selain itu, teh daun sukun juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan hati atau pembesaran hati. Beberapa zat yang terkandung dalam daun sukun, seperti asetilkolin dan antioksidan, sangat baik untuk melawan peradangan.

Baca Juga: Hidup Sehat dengan Mengunyah Daun Kucai

7. Menstabilkan Kadar Gula Darah
Kadar gula darah yang tinggi tidak bisa kita remehkan begitu saja, karena jika dibiarkan nantikan akan menjadi salah satu indikasi penyakit diabetes. Tapi kamu bisa menstabilkannya secara mudah, yakni dengan memanfaatkan daun sukun. Kandungan flavonoid di dalamnya, dipercaya mampu menjaga kestabilan gula darah, sehingga sangat baik untuk mencegah diabetes.


8. Mengatasi Penyakit Maag
Manfaat daun sukun untuk kesehatan yang terakhir adalah untuk saluran pencernaan. Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit maag adalah penyakit saluran pencernaan yang paling sering dijumpai. Daun sukun dipercaya memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit ini. Kandungan kalium dalam daun sukun dipercaya dapat menetralkan asam lambung. Selain itu, efek antiinflamasinya juga dipercaya dapat mengatasi peradangan lambung tersebut.

Sekian manfaat daun sukun kering yang bisa dijadikan obat herbal alami. Namun, jika kamu sudah mencobanya dan mengalami efek samping, sebaiknya segeralah hentikan penggunaannya. Lebih baik berkonsultasi lebih dulu dengan dokter sebelum memanfaatkannya, terlebih jika kamu sedang menjalani atau mengonsumsi obat-obatan tertentu. Semoga informasi ini bermanfaat!

Sumber: seruni.id

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
1