Enam Buah Ini Efektif Bersihkan Paru-paru

Paru-paru yang sehat mampu menyuplai oksigen ke seluruh tubuh dalam jumlah yang besar,
Supriyanto - Health,Kamis, 29-10-2020 19:37 WIB
Enam Buah Ini Efektif Bersihkan Paru-paru
Jeruk Bali

Nusantaratv.com - Paru-paru merupakan salah satu organ yang memiliki peran penting dalam menjalankan sistem respirasi (pernapasan). Saat udara sampai di paru-paru, akan terjadi pertukaran antara oksigen dari luar tubuh dengan karbon dioksida dari dalam darah.  Apabila paru-paru mengalami gangguan, maka proses ini pun akan ikut terganggu

Paru-paru yang sehat mampu menyuplai oksigen ke seluruh tubuh dalam jumlah yang besar, dengan maksimalnya pasokan oksigen ke seluruh bagian tubuh, berdampak langsung pada kesehatan tubuh yang lebih prima, jika jumlah pasokan oksigen berkurang, maka kesehatan tubuh akan menurun dan kemungkinan terkena penyakit paru-paru jadi semakin meningkat.

Oleh karena itu pentingnya kita tetap menjaga paru-paru agar tetap sehat. Selain harus rajin berolahraga, paru-paru yang sehat sebenarnya bisa didapat jika kita mengkonsumsi makanan tertentu, ada beberapa makanan yang diklaim bisa membersihkan paru-paru kita, apa saja makanan tersebut? Berikut adalah daftarnya :

Apel


Kandungan vitamin c yang cukup banyak dalam buah Apel diyakini dapat mempengaruhi kesehatan paru-paru. Keberadaan vitamin c ini dipercaya efektif meningkatkan daya imun dan memperlancar sistem pernafasan. Lancarnya pernafasan ditopang dengan imun yang kuat membuat kesehatan paru-paru pun semakin terjaga.

Baca Juga: Manfaat Sayur Kol dan Kandungan Gizinya
 

Blueberry

Blueberry mungkin kurang  familier di Indonesia seperti apel. Blueberry diyakini memiliki kandungan antioksidan yang tak kalah dari apel. Kandungan vitamin C yang ada pada buah Blueberry dipercaya efektif untuk menangkal radikal berbahaya yang bisa menyerang paru-paru.

Brokoli

Selain Apel dan Blueberry, Brokoli juga memiliki khasiat yang cukup besar untuk paru-paru, pasalnya dalam brokoli terkandung vitamin C, karotenoid, fotokimia dan folat yang bisa mencegah terjadi kerusakan pada paru-paru kita, selain itu senyawa aktif bernama L-Sulforaphane yang ada pada brokoli memiliki manfaat yang cukup besar untuk kesehatan sistem pernafasan.

Jahe


Kandungan zat antiseptik dan anti bakteri yang ada pada jahe dipercaya sangat efektif untuk membersihkan saluran bronkial paru-paru, jika kita sering mengkonsumsi jahe, radikal bebas yang terkandung dalam paru-paru kita bisa dimusnahkan.

Teh Hijau


Selain dapat memberikan rasa relaksasi, manfaat lain dari teh hijau adalah kemampuannya dalam membersihkan segala macam peradangan yang terjadi di paru-paru, Teh hijau yang juga dikenal memiliki kadar antioksidan yang tinggi memiliki manfaat dalam menjaga jaringan paru-paru dari serangan asap rokok dan polusi udara.

Jeruk Bali


Selain bisa membantu tubuh dalam melawan sel kanker, kandungan vitamin c yang ada dalam jeruk Bali dipercaya bisa menghambat enzim tubuh yang bisa mengaktifkan sel kanker pada paru-paru, selain itu antioksidan yang terdapat pada jeruk Bali juga dipercaya efektif membersihkan paru-paru.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
1
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0