Benarkah Bawang Putih dan Jahe Dapat Redakan Batuk Rejan?

Jahe adalah ekspektoran yang sangat baik yang dapat membantu mengobati batuk rejan.
Supriyanto - Health,Selasa, 04-08-2020 17:48 WIB
Benarkah Bawang Putih dan Jahe Dapat Redakan Batuk Rejan?
Bawang putih dan jahe dapat redakan batuk./kolase-youtube.com&ilmubudidaya.com

Nusantaratv.com - Dikenal juga dengan istilah pertusis, batuk rejan merupakan infeksi bakteri pada paru-paru dan saluran pernapasan yang mudah sekali menular. Umumnya, pengidap batuk rejan adalah anak-anak. Namun, orang dewasa juga berisiko mengalami batuk rejan.

Hal ini disebabkan oleh bakteri Bordetella pertussis, yang menginfeksi lapisan saluran udara seperti trakea dan bronkus. Penyakit ini menyebar dengan cepat melalui batuk dan bersin dari orang yang terinfeksi. Setelah terinfeksi dengan bakteri, dibutuhkan sekitar 7 sampai 10 hari untuk memperlihatkan gejala dari batuk rejan ini. Selama tahap awal batuk rejan, memiliki gejala yang sama seperti batuk biasa, flu, batuk ringan, bersin dan demam.

Anak kecil dibawah umur 6 bulan memiliki risiko yang lebih besar untuk terinveksi batuk rejan. Cara terbaik untuk mencegah tertular batuk rejan adalah dengan vaksin pertusis. Vaksinasi dimulai selama masa bayi dan bahkan orang dewasa dapat memilih untuk itu. Jika Anda menderita batuk rejan, selain pengobatan yang diresepkan oleh dokter, Anda dapat mencoba beberapa pengobatan alami untuk meringankan gejala batuk rejan seperti yang dikutip dalam top10homeremedies.com, berikut ini: 

Baca Juga: Nanas, “Menggigit” di Lidah, Bagus untuk Tubuh

Jahe

  • Jahe adalah ekspektoran yang sangat baik yang dapat membantu mengobati batuk rejan. Jehe mengandung sifat antibakteri yang menghancurkan bakteri jahat penyebab batuk rejan. Selain itu jahe juga meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan sakit. Ambil satu sendok jus jahe, campur dengan madu minum dua kali, minum sampai sembuh

Kunyit

  • Kunyit mengandung sifat antibakteri dan antivirus yang membantu mengobati batuk rejan. Kunyit memiliki efek terapi pada batuk, terutama batuk kering, salah satu gejala utama dari batuk rejan. Untuk mengobati batuk rejan, Anda dapat mencampur stengah sendok teh kunyit dan campur dengan madu, minum dua kali sehari. Anda dapat juga mencampur susu hangat dengan setengah sendok teh kunyit, hal ini dapat meredakan gejala batuk rejan.

Bawang putih

  • Bawang putih bekerja sebagai antibiotik alami untuk melawan batuk rejan. Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang membuatnya efektif untuk membersihkan infeksi pertusis. Sebagai ramuan untuk meredakan batuk rejan Anda dapat mengonsumsi 1 sendok teh bawang putih yang dihaluskan dua sampai tiga kali sehari.

Selain jahe, kunyit dan bawang putih ada madu yang dapat digunakan untuk meredakan batuk rejan. Selalu menjaga kesehatan akan membuat Anda terhindar dari penyakit. Selamat mencoba.

Sumber: fimela.com

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0