Micin Jadi Penyebab Otak Lemot, Mitos atau Fakta? Cek Penjelasan Dokter!

Selain Penampilan, Rasa Lezat Juga Menjadi Nilai Utama Dalam Sebuah Masakan.
Micin Jadi Penyebab Otak Lemot, Mitos atau Fakta? Cek Penjelasan Dokter!
Micin, penyedap rasa

Jakarta, Nusantaratv.com - Selain penampilan, rasa lezat juga menjadi nilai utama dalam sebuah masakan. Tak heran kalau para ibu-ibu dan pakar kuliner selalu berusaha untuk menyajikan menu yang sempurna baik penampilan maupun rasanya.

Untuk menghasilkan rasa masakan yang lezat, sudah pasti faktor utama yang menentukan rasa suatu masakan adalah dari bumbu yang digunakannya. Salah satu bumbu yang dipercaya bisa menunjang rasa lezat pada makanan adalah micin. Berfungsi sebagai penyedap rasa, hampir semua menu masakan selalu menyertakan micin sebagai bumbunya.

Sayangnya, sejauh ini banyak yang menyebut jika micin bisa menimbulkan efek yang kurang baik bagi kesehatan. Salah satu dampak dari penggunaan micin adalah melemahnya kerja otak, atau bisa dibilang micin menjadi penyebab otak menjadi lemot. Lalu benarkah kalau micin bisa menyebabkan kerja otak melemah?

Melansir dari health.com, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) sebenarnya telah mengategorikan MSG sebagai makanan yang aman. Namun tidak ada yang benar-benar pasti di dunia sains. Penelitian soal micin pun terus dilakukan untuk benar-benar memastikan keamanannya.


via inovasee.com

Penyedap rasa atau yang lebih akrab dengan sebutan micin memiliki kandungan monosodium glutamat yang terdiri dari air, natrium, dan glutamat. Glutamat yang juga terkandung dalam susu, keju, daging, ikan, dan beberapa sayuran adalah zat penting yang dapat mengubah rasa makanan jadi lebih nikmat.

Meski begitu, monosodium glutamat yang dikandung oleh micin bisa mengganggu kerja neuron, salah satu sel yang ada pada otak. Beberapa pakar kesehatan tidak melarang penggunaan micin pada makanan. Hanya saja, disarankan untuk tidak berlebihan dalam menggunakannya.

Lepas dari efek yang ditimbulkan oleh micin, pasalnya bagi beberapa penderita penyakit tertentu micin memang bisa berakibat memperlambat kerja otak. Lantaran hal tersebut, maka pakar kesehatan menyarankan untuk mengganti fungsi micin pada masakan dengan berbagai jenis rempah-rempah yang dinilai lebih sehat dan mengandung banyak manfaat.



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0