Makanan dan minuman penyebab gula darah tinggi

Makan dan minum kebutuhan primer setiap manusia untuk dapat bertahan hidup. Dengan makan dan minum kebutuhan tubuh akan nutrisi dapat terpenuhi. Namun kita harus hati-hati, karena tidak semua makanan atau minuman yang dikonsumsi menyehatkan tubuh.
Makanan dan minuman penyebab gula darah tinggi
Nasi dan mie penyumbang karbohidrat terbanyak bagi tubuh./harapanrakyat.com

Nusantaratv.com - Makan dan minum kebutuhan primer setiap manusia untuk dapat bertahan hidup. Dengan makan dan minum kebutuhan tubuh akan nutrisi dapat terpenuhi. Namun kita harus hati-hati, karena tidak semua makanan atau minuman yang dikonsumsi menyehatkan tubuh.

Mengutip Healthline, Dr. Isaac Eliaz, kepala Amitabha Medical Clinic di California, Amerika Serikat mengatakan, “Jika Anda ingin mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, perubahan pola makan harus menjadi bagian dari strategi, bersamaan dengan olahraga dan mengatur stres.”

Jenis makanan dan minuman pantangan diabetes adalah yang termasuk penyebab gula darah tinggi. Anda masih boleh mengonsuminya, tetapi porsinya harus dikurangi dan disesuaikan dengan kebutuhan harian. Berikut jenis makanan dan minuman yang dimaksud:

BACA JUGA: Ini 5 Manfaat Apel Hijau untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

1. Makanan tinggi karbohidrat

Makanan tinggi karbohidrat seperti tepung putih, gula putih, dan nasi, pada dasarnya adalah makanan yang dipisahkan serat, vitamin, dan mineral sehat di dalamnya. Jadi, makanan ini lebih dominan dengan kalori yang kadar gulanya tinggi.

Makanan tersebut sangat mudah dicerna oleh tubuh, sehingga kadar gula darah dan insulin melonjak. Seiring waktu, ini bisa menyebabkan diabetes. Oleh karena itu, Anda harus membatasi konsumsi roti, muffin, kue, kerupuk, donat, dan pasta. Kacang polong, jagung, atau ubi jalar, juga harus Anda perhatikan kandungan karbohidratnya secara keseluruhan untuk menjaga kadar gula darah.

Selanjutnya

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0