Jangan Minum! Teh Panas Bahaya Bagi Perokok

"Minum teh panas membuat risiko kanker meningkat hingga lima kali lipat pada para perokok dan pecandu alkohol,” kata dr Jun Lv, peneliti dari Peking University Health Science Center, Cina, seperti dikutip dari Reuters, baru-baru ini.
Jangan Minum! Teh Panas Bahaya Bagi Perokok
Tidak dianjurkan bagi perokok minum teh panas./klikdokter.com

Jakarta, Nusantaratv.com - Banyak orang yang mengawali harinya dengan secangkir teh panas. Terlebih bagi Anda yang sedang sakit tenggorokan, minum teh panas bisa menjadi pilihan yang cocok untuk membantu melegakan tenggorokan yang terasa gatal dan serak sekaligus menghangatkan tubuh. Di balik segudang manfaat minum teh untuk kesehatan, sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa minum teh panas dapat memicu kanker kerongkongan. Bagaimana bisa? Berikut penjelasannya.

Selama ini teh panas dianggap bisa mencegah berbagai penyakit seperti hipertensi, stres bahkan kanker. Namun, dalam sebuah penelitian terbaru, hal itu tidak berlaku bagi para perokok.

Teh panas justru akan menjadi petaka bagi para perokok karena dapat meningkatkan risiko terserang kanker ganas.

“Minum teh panas membuat risiko kanker meningkat hingga lima kali lipat pada para perokok dan pecandu alkohol,” kata dr Jun Lv, peneliti dari Peking University Health Science Center, Cina, seperti dikutip dari Reuters, baru-baru ini.

Penelitian yang dilakukan oleh Jun itu melibatkan 450 ribu orang dewasa selama sembilan tahun di Cina. Hasilnya sebanyak 1731 orang terserang tumor esofagus akibat peningkatan sel kanker.

Para peneliti yang terlibat bersama Jun menduga, suhu panas teh merusak sel-sel dinding esofagus para perokok dan pecandu alkohol sehingga kanker mudah berkembang.

“Sebaiknya para perokok meminum teh setelah suhunya mereda agar hal tersebut tidak terjadi,” ujar Jun.

Namun, bahaya teh panas itu hanya berlaku bagi para perokok dan pecandu alkohol. Risiko kanker akibat tingginya suhu teh tidak ditemui pada mereka yang bukan tergolong dua tipe tersebut.

Meski begitu, para peneliti tetap tidak menganjurkan seseorang minum teh saat suhunya masih tinggi karena dapat berdampak buruk lainnya, misalnya kerusakan gigi. (minews.id)



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0