IHDN Denpasar-Toyo University Bersinergi, Kembangkan Yoga Sebagai Wisata Spiritual

Kedatangan Akira Kiuchi untuk melihat langsung praktik pendidikan Yoga di IHDN, khususnya di Fakultas Brahma Widya
IHDN Denpasar-Toyo University Bersinergi, Kembangkan Yoga Sebagai Wisata Spiritual
IHDN Denpasar-Toyo University sinergi kembangkan yoga sebagai wisata spiritual. (Humas IHDN)

Jakarta, Nusantaratv.com - Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar dan Toyo University menjalin kerjasama dalam mengembangkan seni Yoga sebagai wisata spiritual.

I Gusti Ngurah Sudiana, Rektor IHDN Denpasar, mengatakan bahwa sinergi ini sudah dirintis dalam beberapa tahun terakhi. Pihak IHDN sudah berkunjung Toyo University di Jepang yang ditindaklanjuti dengan kunjungan Akira Kiuchi pada Juli 2019 ke IHDN Denpasar. 

Menurut I Gusti Ngurah Sudiana, kedatangan Akira Kiuchi untuk melihat langsung praktik pendidikan Yoga di IHDN, khususnya di Fakultas Brahma Widya.

Akira juga meninjau laboratorium Yoga di perguruan tinggi berbasis agama Hindu tersebut. Sinergi juga akan dikembangkan pada bidang risert dan pertukaran dosen dan mahasiswa. 

"Berita lawatan dan tinjauan Akira Kiuchi ke IHDN telah menyebar ke Toyo University dan masyarakat Jepang. Astungkara, ke depannya, Yoga yang ada di IHDN Denpasar akan menjadi suatu pilihan spiritual tourism alternatif. Masyarakat Jepang nantinya bisa berduyun-duyun datang untuk melihat bagaimana rasanya beryoga dengan Yoga ala Bali," ujar I Gusti Ngurah Sudiana di Denpasar, Senin (19/8/2019).

"Ilmu Yoga Bali ini belum sepenuhnya tergali. Untuk mempelajari bidang keilmuan tersebut, bisa dipelajari di IHDN Denpasar," sambungnya.

Sebagai upaya promosi Yoga Bali sebagai destinasi wisata spiritual alternatif, pasraman ataupun kelompok organisasi yang mengelola Yoga akan disertifikasi.

IHDN Denpasar akan bekerjasama dengan Persatuan Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali untuk melakukan pembinaan, agar Yoga yang dilakukan sesuai teori yang sudah diwarisi para pendahulu dan dipelajari, lalu mengeluarkan sertifikat pelatih Yoga.

"Banyak dosen IHDN Denpasar yang memberikan pelatihan Yoga di beberapa pasraman. Selain itu, kampus IHDN Denpasar yang ada di Bangli, memiliki Laboratorium Yoga. Sehingga wisatawan bisa datang ke IHDN Denpasar kampus Bangli, setelah itu baru ke Desa Penglipuran," tambah I Gusti Ngurah Sudiana.

Sementara itu, Akira Kiuchi mengungkapkan Toyo University-IHDN Denpasar ingin melakukan pertukaran ilmu pengetahuan tentang Yoga.

Pertukaran ilmu ini diharapkan bisa memberi manfaat bagi kedua perguruan tinggi. "Ketika di Jepang musim dingin, akan ada liburan. Mahasiswanya bisa datang ke Bali untuk belajar yoga tradisional," terang Akira Kiuchi.

Dijelaskan Akira Kiuchi, ada beberapa universitas di Jepang yang mengajarkan Yoga dan menjadi pelajaran tambahan olahraga. Kerjasama IHDN Denpasar dan Toyo University dalam rangka memperdalam ilmu Yoga sebelum dimasukkan ke dalam pembelajaran salah satu jurusan di sana.

"Kami akan memperdalam pengetahuan tentang Yoga, dan akan memasukkan pelajaran Yoga didalam Jurusan Kesehatan atau olahraga di Toyo University," tukas Akira Kiuchi.



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0