Atasi Stunting, Moledoko Usul Tiap Keluarga Pelihara Ayam

Telur dari ayam tersebut bisa dikonsumsi untuk pemenuhan gizi anak
Atasi Stunting, Moledoko Usul Tiap Keluarga Pelihara Ayam
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kanan)

Jakarta, Nusantaratv.com - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko usul agar setiap keluarga memelihara ayam sebagai bagian dari program pencegahan stunting atau gizi buruk. Ayam, kata dia bisa menghasilkan telur yang nantinya dapat dimakan sebagai pemenuhan gizi anak. 

Baca juga: Soal Rekonsiliasi Rizieq, Moeldoko: Apa yang Direkonsiliasikan? 

"Perlu setiap rumah ada ayam, sehingga telurnya itu bisa untuk anak-anaknya," ujar Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (15/11/2019).

Menurut Moeldoko, pemerintah India pernah mencanangkan program sehari makan dua butir telur. Program itu terus meningkat hingga lima butir telur yang disarankan untuk dimakan. 

"Ini perlu dipikirkan. Mungkin perlu setiap keluarga punya ayam gitu. Penting itu karena enggak perlu beli," jelasnya.

Moeldoko pun mengisahkan jika sewak kecil ia makan satu telur dibagi untuk enam atau empat orang. Saat ini hal itu tak boleh lagi dilakukan karena satu anak harus makan satu butir telur ayam, ikan, sayur, dan tahu tempe.

Pemerintah sendiri berencana mengoptimalkan program pencegahan stunting dari Kementerian Kesehatan, yakni Isi Piringku. Program tersebut menggambarkan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring, yaitu 50 persen pertama terdiri dari sepertiga lauk serta dua per tiganya makanan pokok seperti sumber karbohidrat. Sementara 50 persen sisanya ialah sepertiga buah-buahan dan dua per tiganya sayur-sayuran.



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0