5 Kebiasaan Buruk Setelah Makan

Makan menjadi salah satu aktivitas yang selalu dinanti oleh setiap manusia. Karena makan menjadi kebutuhan utama bagi setiap manusia. Tanpa makan dipastikan badan kita akan lemas dan lebih buruk lagi bisa sakit dan meninggal. Dengan makan tubuh menjadi lebih kuat dan bertenaga. Namun sayang masih ada beberapa kebiasaan kurang baik tanpa kita sadari dilakukan setelah makan.
5 Kebiasaan Buruk Setelah Makan
Aktivitas makan menjadi kebutuhan dasar manusia./honestdocs.id

Nusantaratv.com - Makan menjadi salah satu aktivitas yang selalu dinanti oleh setiap manusia. Karena makan menjadi kebutuhan utama bagi setiap manusia. Tanpa makan dipastikan badan kita akan lemas dan lebih buruk lagi bisa sakit dan meninggal. Dengan makan tubuh menjadi lebih kuat dan bertenaga. Namun sayang masih ada beberapa kebiasaan kurang baik tanpa kita sadari dilakukan setelah makan.

Penasaran kebiasaan apa saja yang tidak boleh dilakukan setelah makan? yuk simak selengkapnya di bawah ini.

1. Tidur

Sudah menjadi hal umum, jika sudah makan dan merasa kenyang rasa kantuk pasti selalu menghampiri seakan menyuruh kita untuk segera tidur. Tetapi perlu Anda ketahui, tidur setelah makan ternyata tidak baik bagi kesehatan. Karena, makanan yang kita konsumsi tidak bisa dicerna dengan baik. Selain itu, tidur setelah makan juga berisiko terkena infeksi lambung dan usus.

2. Merokok

Bagi pria dan beberapa wanita merokok sudah menjadi gaya hidup sehari-hari yang tidak terlewatkan, padahal meroko dapat membahayakan kesehatan. Selain itu, kebiasaan merokok setelah makan juga sering dilakukan dan sudah menjadi kebiasaan umum. Lebih baik hindari kebiasan tersebut, karena meroko setelah makan justru lebih berbahaya, karrena merokok satu batang rokok setelah makan sama dengan sepuluh batang, sehingga memicu risiko gangguan berbagai penyakit yang lebih besar.

BACA JUGA : Ikan Tongkol Bumbu Iris

3. Makan buah-buahan

Pada umumnya buah-buahan mempunyai berbagai manfaat yang sangat baik untuk tubuh, karena memiliki berbagai nutrisi. Tetapi tahukah Anda, jika mengkonsumsi buah-buahan setelah makan ternyata tidak baik bagi kesehatan. Hal ini terjadi karena buah yang kita konsumsi pada saat setelah makan tidak mencapai usus secara cepat dan dapat merusak sisa makanan yang berada dalam perut. Untuk itu, beri jeda minimal 1-2 jam setelah makan, lalu konsumsi buah-buahan.

4. Beraktivitas

Pada jam istirahat pasti ada waktu untuk bersistirahat lebih lama. Biasanya saat pada jam istirahat yang paling di utamakan adalah makan, sesudah istirahat pasti beraktivitas kembali. Namun tahukah Anda, beraktivitas setelah makan sangat tidak baik pada kesehatan, karena nutrisi dari makanan yang kita konsumsi tidak terserap dengan baik. Selain itu, akan menimbulkan rasa sakit dan kaku pada perut. Jadi lebih baik beri jeda minimal 20-30 menit setelah makan, lalu beraktivitas kembali seperti biasa.

5. Minum teh

Kebiasaan yang satu ini pasti sering Anda lakukan setelah makan. Memang pada saat setelah makan pasti akan merasa haus. Tetapi, lebih baik minum air putih saja. Karena jika minum teh setelah makan akan menyulitkan mencerna protein dari makanan yang kita konsumsi. Jadi, konsumsi teh minimal 20-30 menit setelah makan.

Sumber: nuisonk.com

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0