Gunung Merapi Erupsi, Luncurkan Awan Panas Sejauh 2 Kilometer

Diprediksi jika terjadi erupsi eksplosif lontaran material vulkanik bisa mencapai radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi. 

Gunung Merapi luncurkan awan panas sejauh 2 kilometer/ist

Sleman, Nusantara TV-Gunung Merapi dikabarkan kembali mengalai erupsi pada Jumat (14/5/2021) malam ini. Gunung yang terletak di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah ini meluncurkan awan panas sejauh 2 kilometer.  

"Awan panas guguran Merapi tanggal 14 Mei 2021 pukul 21.33 WIB," kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida dikutip dari detik, Jumat (14/5/2021).

Hanik menjelaskan, awan panas Gunung Merapi tercatat di seismogram dengan amplitudo 46 milimeter dan durasi 141 detik. 
"Jarak luncur 2.000 m ke arah barat daya," bebernya.

Adapun kegempaannya pada periode 12.00 hingga 18.00 WIB tercatat gempa guguran 34 kalo, hembusan 1 kali, fase banyak 26 kali, dan vulkanik dangkal 1 kali.

"Status Merapi masih Siaga sejak 5 November 2020," tegasnya.

Baca juga: Gunung Merapi Luncurkan Guguran Awan Panas Sejauh 1,5 Km

Sejalan dengan status Gunung Merapi yang masih siaga, BPPTKG pun menetapkan potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 km dan pada sektor tenggara yaitu Sungai Gendol sejauh 3 km.

Diprediksi jika terjadi erupsi eksplosif lontaran material vulkanik bisa mencapai radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi. 

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK