Gunung Merapi 18 Kali Luncurkan Lava Pijar

Gunung Merapi masih tetap berstatus siaga

Gunung Merapi luncurkan lava pijar/ist

Yogyakarta, Nusantara TV-Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan aktivitas Gunung Merapi yang kian meningkat. Diinformasi pada hari ini, Minggu (4/4/2021) Gunung Merapi meluncurkan lava pijar sebanyak 18 kali. Selain, Merapi juga mengeluarkan awan panas dengan jarak luncur hingga 1 kilometer.

Kepala BPPTKG, Hanik Humaida mengatakan, kondisi Merapi masih fluktuatif dengan aktivitas vulkanik yang masih tinggi. Kendati demikian masih dalam jarak aman dan tidak membahayakan aktivitas warga.

"Hari Ini Merapi satu kaki mengeluarkan awan pada pukul 10.53 WIB. Awan panas tercatat di seismogram dengan amplitudo 25 mm dan durasi 86 detik. Jarak luncur ±1000 meter ke arah barat daya. Angin bertiup ke timur," bebernya.

Baca juga: Guguran Lava Pijar Gunung Merapi Capai Jarak 800 Meter

"Status Merapi belum berubah. Masih siaga atau level III, " imbuhnya

Guna mencegah jangan sampai jatuh korban akibat aktivitas Gunung Merapi yang semakin meningkat. Hanik menyebutkan pihaknya sudah memberikan rekomendasi terkait aktivitas warga. 

"Potensi hujan di puncak bisa menyebabkan lahar hujan sehingga warga yang beraktivitas di alur sungai harus berhati- hati," pungkasnya.



like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK