SDM dan Karakter Unggul, Sihar Sitorus: Kunci Utama Pembangunan Sumatera Utara

Sihar Sitorus menyebut untuk membangun karakter yang unggul dibutuhkan waktu yang lama, tapi tidak boleh berhenti untuk itu.
SDM dan Karakter Unggul, Sihar Sitorus: Kunci Utama Pembangunan Sumatera Utara
Anggota DPR RI Sihar Sitorus. (Elvan J. Siagian/NTV)

Jakarta, Nusantaratv.com - Sumber Daya Manusia (SDM) dan karakter yang unggul menjadi kunci utama dalam menggiatkan pembangunan di Sumatera Utara (Sumut).

Hal itu dikatakan Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus Pane, Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara II, pada Minggu (21/10/2019), disela-sela pelantikan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. 

"Memang Sumatera Utara itu butuh SDM dan karakter yang unggul. Untuk membangun karakter yang unggul memang butuh waktu yang lama, tapi kita tidak boleh berhenti untuk itu," ujar Sihar.

Dikatakannya, saat ini masyarakat menginginkan lapangan pekerjaan, pendidikan yang baik, kesehatan yang tetap terjaga. "Kita mau bilang skala prioritas, tapi itu semua dilakukan disaat bersamaan," lanjutnya.

Selain itu, ungkap Sihar, pariwisata juga memegang peranan penting bagi pembangunan Sumatera Utara. Terlebih Danau Toba sebagai tujuan wisata mendapatkan perhatian lebih dari Presiden Jokowi. "Sangat bagus Presiden Jokowi mendorong Danau Toba sebagai tujuan wisata. Bahkan pada 2020 rencananya sekitar Rp4 triliun akan digelontorkan untuk pembanguan wilayah Danau Toba," tambah Sihar.

"Jadi ini nilai investasi yang sangat besar yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat dan akhirnya datang juga. Hal ini berhubungan dengan masyarakat bawah, sehingga harus disosialisasikan dengan baik ke masyarakat. Supaya masyarakat dapat melihat bahwa ada niat yang baik, juga kesempatan yang langka. Apabila ini lewat, maka kita tidak tahu kapan kesempatan itu datang lagi," terang pria kelahiran Jakarta, 51 tahun silam itu.

Kembali, dia mengungkapkan bahwa sangat tepat Presiden Jokowi mencanangkan pembangunan SDM yang unggul dalam masa kepemimpinannya lima tahun ke depan. "Memang itulah kebutuhan kita saat ini. Kenapa? Karena kita akan menghadapi persaingan dari luar. Dengan menerima orang dari luar, maka persaingan tak bisa dihindari. Kalau kita mampu, kita juga akan bersaing dengan mereka. Maka multiplier effect adalah perekonomian dan kehidupan. Jadi ke depan SDM sangat diperlukan terutama menghadapi revolusi industri 4.0," tukas Sihar.

Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0