Proses Perdamaian di Afghanistan, Menlu RI Dukung Peran Penting Perempuan

Komitmen Indonesia Dalam Mendukung Proses Perdamaian di Afghanistan.
Proses Perdamaian di Afghanistan, Menlu RI Dukung Peran Penting Perempuan
Menlu Retno L.P. Marsudi. (Dok. Humas Kemlu)

Jakarta, Nusantaratv.com - Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno L.P. Marsudi membuka acara 'Dialogue between Women of Afghanistan: Bridging the Gap and Sharing Experience', di Grand Sahid Jaya Hotel, pada Jumat (29/112019).

Perempuan adalah aktor penting dalam menciptakan perdamaian yang inklusif - ujar Menlu Retno saat pembukaan, dilansir laman Kemlu, Sabtu (30/11/2019).

Dialog Perempuan Afghanistan merupakan implementasi komitmen Indonesia dalam mendukung proses perdamaian di Afghanistan yang mengedepankan keterlibatan peran perempuan sebagai agen perdamaian. 

Kegiatan ini diikuti 38 orang peserta perwakilan perempuan dari berbagai latar belakang dan daerah serta dipimpin Menteri Informasi dan Kebudayaan Afghanistan, Y.M. Hasina Safi.

Baca Juga: Indonesia Dorong Penguatan Upaya Perlucutan Senjata Nuklir Global

Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi komitmen tulus Indonesia bagi perdamaian dan pemberdayaan perempuan Afghanistan. Kita juga perlu terus bekerja sama erat untuk menindaklanjuti hasil dialog hari ini - cetus Menteri Safi.

Kembali, Menlu Retno menekankan pentingnya dialog sebagai platform untuk mengembangkan rasa saling percaya dan menjembatani kesenjangan dan perbedaan di antara sesama perempuan.

Sehingga semua perempuan memiliki kesempatan yang sama dalam upaya pembangunan Afghanistan. Selain itu, isu pemberdayaan perempuan juga menjadi fokus utama dalam pembahasan dialog.  

Pendidikan dan peningkatan kapasitas diperlukan untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan dan harus didukung oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah melalui kebijakan - jelas Menlu Retno.

Secara khusus, Menlu Retno mengharapkan Dialog Perempuan Afghanistan ini dapat mengidentifikasi langkah-langkah ke depan dalam rangka menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perempuan untuk dapat meningkatkan perannya dalam proses perdamaian.

Juga meningkatkan rasa toleransi dan perdamaian, dan menerapkan nilai-nilai women empower women (saling dukung antara kaum perempuan).

Dialog ini bukan one-off event, kita akan tindak lanjuti melalui kerja sama Afghanistan-Indonesia women network - tukas Menlu Retno.



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0