Kemungkinan Mudik Dilarang Sampai 31 Mei :: Nusantaratv.com

Kemungkinan Mudik Dilarang Sampai 31 Mei

Kebijakan ini sifatnya situasional
Kemungkinan Mudik Dilarang Sampai 31 Mei
Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated, salah satu titik yang akan disekat petugas. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Pemerintah memutuskan melarang masyarakat mudik ke kampung halaman semasa mewabahnya virus corona. Kebijakan ini berlaku mulai Jumat (24/4/2020).

Baca juga: Jokowi Larang Mudik, Polisi Sekat Perbatasan 

Direktur Lalu Lintas Jalan Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) Sigit Irfansyah, memperkirakan aturan tersebut berlaku hingga akhir Mei mendatang. 

"Mulai 24 April nanti, kalau selesainya sampai kapan, untuk saat ini kami merujuk pada Gugus Tugas kapan pandemi ini berakhir. Kalau untuk aturan larangan itu nanti hanya sampai 31 Mei 2020," ujar Sigit, Rabu (22/4/2020).

Menurut Sigit, kebijakan larangan mudik berlaku tergantung perkembangan situasi dan kondisi pandemi covid-19. Jika semakin membaik, kemungkinan masa penerapan larangan tersebut akan dikurangi.

Terkait penyekatan jalan untuk mengantisipasi warga yang mudik, menurut Sigit aturannya saat ini tengah disusun dan dimatangkan. Paling lambat, diharapkan regulasi tersebut keluar sebelum hari Jumat mendatang.

"Jadi masalah tanggal penetapan sampai kapan larangan ini akan berlangsung itu sebenarnya dinamis, tapi untuk saat ini kita jadwalkan sampai 31 Mei 2020," jelasnya. 

Bukan hanya di Jakarta, kebijakan ini berlaku bagi wilayah-wilayah yang memberlakukan PSBB. 

"Aturan ini nantinya berlaku nasional untuk semua wilayah yang telah menetapkan PSBB. Artinya bukan sebatas Jabodetabek saja, misalkan dia orang Solo, tapi kerja di Surabaya, kalau Surabaya telah menetapkan PSBB yah otomatis tidak boleh keluar," tandasnya. (Kompas.com) 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0