Jokowi Ingin Birokrasi Makin Simple dan Melayani

Presiden Jokowi Inginkan Dilakukan Reformasi Struktural.
Jokowi Ingin Birokrasi Makin Simple dan Melayani
Menpan RB Tjohjo Kumolo. (Foto: Oji/Humas)

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan penataan birokrasi organisasi pemerintah saat ini harus makin ramping dan simple. Sehingga dalam melayani masyarakat dan tahapan-tahapan perizinan di pusat dan di daerah semakin pendek. 

Arahan beliau juga menyangkut reformasi regulasi dan juga harmonisasi antara pemerintah pusat dan daerah dengan membangun inovasi-inovasi, kemudian menerapkan Information Technology (IT) dengan baik - ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (19/11/2019) sore. 

Selain itu, seperti dilansir laman Setkab, menurut Tjahjo, Presiden Jokowi menginginkan dilakukan reformasi struktural termasuk mempercepat membangun transformasi digital yang harus diarahkan sekaligus dalam konteks pengawasan birokrasi pemerintah yang makin efektif dan efisien. 

Kesimpulannya adalah dalam membangun hubungan tata kelola pemerintah yang harus semakin efektif, efisien, mempercepat reformasi birokrasi untuk penguatan di semua bidang - lanjut Tjahjo.

Dijelaskannya, dalam konteks reformasi birokrasi, Kementerian PANRB sebagai koordinatornya, namun pihaknya terpadu dengan Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) karena menyangkut pemerintah daerah.

Baca Juga: Jokowi: Kementerian PANRB Bakal Pangkas Eselon IV di Setiap Kementerian 

Kemudian berada di bawah koordinasi Kemenko Polhukam pada aspek stabilitasnya, dan dengan Kepala Staf Presiden pada hal-hal yang yang khusus. Lalu, ORI (Ombudsman) karena mereka yang menyerap berbagai aspirasi masyarakat. 

Jadi arahan Bapak Presiden, targetnya harus terukur, mencermati berbagai aspek, waktunya, manfaat yang harus bisa cepat termonitor dan terevaluasi dengan baik. Kemudian diharapkan Kementerian PANRB konsisten untuk membangun sistem reformasi birokrasi - tukas Tjahjo.
 



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0