Diklaim Lebih Cepat, Tes Corona di RI Bakal Pakai Alat Penguji TBC :: Nusantaratv.com

Diklaim Lebih Cepat, Tes Corona di RI Bakal Pakai Alat Penguji TBC

Alat ini disebut mampu mendeteksi corona hanya dalam waktu 30-45 menit
Diklaim Lebih Cepat, Tes Corona di RI Bakal Pakai Alat Penguji TBC
GeneXpert. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Pemerintah berencana memakai alat tes tuberkulosis (TBC/TB) untuk menguji ada-tidaknya virus corona pada tubuh seseorang. Selain akurat, alat tes ini cepat mendeteksi covid-19, hanya dalam waktu 45 menit.

Baca juga: China Yakin Indonesia Bisa Secepatnya Atasi Covid-19

Alat tes cepat molekuler (TCM) TBC ini bernama mesin GeneXpert.

GeneXpert merupakan produk dari perusahaan Cepheid yang berbasis di Sunnyvale, Amerika Serikat (AS). Pada 21 Maret, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) telah memberikan izin penggunaan alat itu untuk mengetes covid-19 dalam kondisi darurat.

GeneXpert merupakan sistem alat pengetesan bermetode real time polymerase chain reaction (PCR).

Alat tersebut dioperasikan memakai cartridge. Agar bisa dipakai untuk mengetes covid-19, maka cartridge khusus harus disiapkan. Cartridge kkhusus ini bernama Xpert Xpress SARS-CoV-2.

"Manfaat yang didapat lewat pendekatan ini adalah tes ini berlangsung otomatis sepenuhnya dan hasilnya keluar dalam 45 menit," tulis Badan Kesehatan Dunia (WHO) dalam laporan terkait penggunaan GeneXpert untuk mengetes corona, pada 1 April 2020 lalu.

Pembuat GeneXpert, Cepheid dalam situsnya, mengklaim hasil tes corona bisa keluar dalam waktu 30 menit untuk hasil positif. Waktu persiapan pemakaian alat disebut tak sampai satu menit.

Sementara menurut WHO, satu mesin GeneXpert dengan empat modul hanya bisa mengetes empat spesimen dalam 45 menit. WHO memperkirakan 10 mesin GeneXpert mampu menguji 960 sampel spesimen covid-19 setiap harinya.

"Namun yang perlu dicatat, kapasitas tes cadangan diperkirakan lebih rendah dari angka tersebut," kata WHO.

Meski begitu, GeneXpert tak boleh digunakan di luar laboratorium yang memadai untuk melakukan pengujian covid-19.

Jika dibandingkan dengan tes menggunakan PCR, GeneXpert memang lebih unggul. Sebab PCR disebut membutuhkan waktu sekitar 24 jam untuk menentukan hasil dari sebuah spesimen.

PCR juga membutuhkan reagen. Sehingga jika reagen habis, tes dipastikan tak bisa dilakukan.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0