Bukan Cuma Ada, Komisi VI DPR Ingin Harga Sembako Murah :: Nusantaratv.com

Bukan Cuma Ada, Komisi VI DPR Ingin Harga Sembako Murah

Karena menurutnya percuma jika masyarakat tak mampu membeli bahan pokok tersebut
Bukan Cuma Ada, Komisi VI DPR Ingin Harga Sembako Murah
Sondang Tampubolon (ketiga dari kiri) saat memfasilitasi penyemprotan disinfektan di masjid wilayah Jakarta Timur. (Wira Ginting)

Jakarta, Nusantaratv.com - Anggota Komisi VI DPR Sondang Tiar Debora Tampubolon meminta pemerintah menjaga ketahanan pangan semasa mewabahnya virus corona. Sehingga, anjuran pemerintah agar masyarakat mematuhi social distancing atau beraktivitas dari rumah, bisa optimal dilaksanakan.

Baca juga: Mendag: Stok Beras Aman dan Tak Terpengaruh Inflasi

"Kami baru saja rapat dengan BUMN pangan, di sana saya menyampaikan bagaimana pemerintah, negara harus hadir memenuhi kebutuhan masyarakat dalam masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ini," ujar Sondang di Nusantara TV (NTV), Selasa (22/4/2020). 

"Jangan sampai seluruh masyarakat harus di rumah, tapi pasokan sembako yang menjadi makanan sehari-hari tidak tersedia dan tidak terjangkau," lanjutnya. 

Selain ada barangnya, Sondang ingin agar bahan pangan terjangkau. Karena percuma saja jika bahan pokok tersebut ada, tapi harganya tak terjangkau oleh masyarakat, terutama masyarakat menengah ke bawah. 

"Jadi tidak hanya tersedia saja, tapi dari segi harga harus bisa terjangkau. Jangan mahal," tuturnya. 

Tak hanya ketika pandemi covid-19 terjadi, ia ingin ketersediaan dan keterjangkauan bahan pangan ini berlangsung seterusnya. Khususnya saat ramadan dan idul fitri. Mengingat, biasanya harga bahan pokok cenderung meningkat di kedua momen tersebut. 

"Walaupun memang saat ini konsumsi domestik, dalam negeri itu turun, tapi produksi tetap. Seharusnya harga itu bisa stabil, apalagi sekarang kita akan memasuki bulan ramadan dan idul fitri, jadi harus dipastikan betul," paparnya. 

"Bahkan tidak hanya bulan ramadan atau idul fitri, pemerintah sampai berakhirnya pandemi covid-19 ini harus memastikan ketersediaan bahan pangan," tandas anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0