Filosofi Bunga Matahari

Bunga matahari salah satu tanaman berbunga yang saat mekar bunganya akan terlihat mencolok. Ukuran bunga yang besar dan warna kuning yang dominan membuat orang...

Bunga Matahari

Nusantaratv.com - Bunga matahari salah satu tanaman berbunga yang saat mekar bunganya akan terlihat mencolok. Ukuran bunga yang besar dan warna kuning yang dominan membuat orang menyebutnya bunga matahari.

Saat kita melihat bunga matahari, biasanya kita langsung terbayang dengan makanan cemilan kuaci. Seperti yang sudah beredar selama ini, biji bunga matahari dapat diolah menjadi makanan ringan kuaci. Banyak orang menyukai kuaci dari biji bunga matahari.

Namun begitu, tanaman bunga matahari bukan berasal dari Indonesia. Tanaman ini berasal dari kawasan Eropa dan Amerika. Selain bentuknya yang mirip matahari, pertumbuhan tanaman ini juga bergantung pada intensitas sinar matahari.

Baca Juga: Cara Pandang Menentukan Sukses Tidaknya Kita

Bunga matahari akan berbunga setahun sekali. Sebutan untuk bunga matahari setiap negara berbeda-beda, misalnya di Inggris disebut Sunflower, masyarakat Jepang menyebutnya Himawari, sedangkan di China dikenal dengan istilah Xuang Ri Kui.

Sunflower termasuk tumbuhan dikotil karena memiliki satu pasang kotiledon didalam bijinya. Oleh sebab itu bunga ini masuk ke dalam kelas Magnoliopsida.

Selain bentuknya yang indah, serta bijinya yang dapat diolah menjadi cemilan, banyak filosofi yang dapat kita petik dari keberadaan bunga matahari. Apa saja hikmah yang dapat kita ambil dari keberadaan bunga Matahari?

Bunga Matahari

1. Meskipun memiliki keindahan, tapi tidak lupa untuk selalu memberi manfaat.

Banyak tanaman, selain indah bunganya, juga banyak memberi manfaat bagi makhluk lain termasuk manusia, termasuk juga bunga matahari. Akar, batang maupun biji dari bunga Matahari bermanfaat bagi manusia baik untuk kesehatan dan lain sebagainya.

Pelajaran yang dapat kita ambil, meskipun harta, tahta dan kesehatan fisik kita miliki, sebaiknya kita tidak melupakan orang lain, kita harus selalu bisa memberi manfaat bagi banyak orang.

2. Kondisi lingkungan sangat berpengaruh pada proses pertumbuhannya.
Keadaan lingkungan berpengaruh terhadap proses pertumbuhan sebuah tanaman, termasuk juga bunga matahari. Tiap tanaman memiliki lingkungan yang berbeda, sehingga pertumbuhan setiap tanaman pun berbeda-beda.

Setiap orang memiliki lingkungan kehidupan sendiri-sendiri. Baik atau buruk lingkungan tempat tinggal seseorang, akan mempengaruhi tumbuh kembangnya yang berdampak pada karakter orang tersebut di usia dewasanya. 
 
Baca Juga: Unik, Legenda Batu Gantung di Danau Toba

3. Banyak manusia akan melirik saat bunga mulai mekar.
Saat tanaman bunga matahari baru tumbuh, ia akan menampakkan daunnya yang hijau dengan batangnya yang kuat. Namun keadaan itu tidak membuat banyak orang tertarik. Berbeda dengan saat bunga matahari mulai mekar. Banyak orang akan tertarik dan melirik keindahan bunga tersebut.

Begitupula dengan manusia, awalnya setiap orang akan dipandang biasa saja, namun dikala seseorang itu telah sukses, banyak orang takjub dan kagum, sehingga banyak yang mendekatinya.

Bunga Matahari

4. Seindah Apapun, Bunga Ini akan tetap layu dan mengering ketika berumur tua.
Saat bunga matahari mekar, banyak orang yang mengaguminya. Namun saat bunga ini menua dan layu, bunga ini pun tidak lagi dipandang mata.

Hal ini juga berlaku buat manusia. Saat seorang manusia terlihat tampan, cantik, kaya, dan bermartabat, akan menarik perhatian banyak orang, tapi hal itu akan perlahan hilang seiring dengan bertambahnya usia.

5. Meninggalkan berbagai manfaat setelah bunga berusia tua dan mati.
Saat bunga matahari telah mengering, ia akan dipotong oleh pemiliknya karena sudah tidak indah lagi. Namun, disaat inilah bunga matahari menghasilkan banyak biji yang bisa memberi manfaat. Semakin banyak biji yang dihasilkan, semakin banyak pula manfaat yang diperoleh terutama bagi pemiliknya.

Baca Juga: Mengenal Senjata Tradisional Daerah di Indonesia

Manusia pun begitu, saat kematian tiba, hanya jasa dan kebaikannyalah yang bisa memberi manfaat bagi orang lain. Semakin banyak ia bermanfaat dan berjasa bagi yang lain semasa hidupnya, semakin banyak pula manfaat yang akan ia dapatkan sekalipun telah tiada.

Sebaik-baiknya manusia, adalah dia yang dapat memberi banyak manfaat buat orang lain.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK