Pembajakan Film Meningkat Tajam Selama Pandemi COVID-19 :: Nusantaratv.com

Pembajakan Film Meningkat Tajam Selama Pandemi COVID-19

Kunjungan Terhadap Situs Unduhan dan Streaming Film Ilegal Meningkat 41,4 Persen di AS Pada Pekan Terakhir Maret 2020.
Pembajakan Film Meningkat Tajam Selama Pandemi COVID-19
Ilustrasi. (Movie Web)

Jakarta, Nusantaratv.com - Pembajakan film meningkat tajam dalam beberapa pekan terakhir. Pandemi virus corona (COVID-19) menyebabkan masyarakat terpaksa tinggal di rumah untuk mencegah penyebaran virus mematikan itu.

Hal itulah yang menyebabkan jutaan orang mencari berbagai hiburan di rumah. Sekalipun tersedia TV, layanan streaming dan hiburan lain, pembajakan tetap meningkat tajam.

Menurut studi terbaru yang dilakukan Muso, seperti dilansir dari Movie Web, Selasa (28/4/2020), kunjungan terhadap situs unduhan dan streaming film ilegal meningkat 41,4 persen di Amerika Serikat (AS) pada pekan terakhir Maret 2020. Sedangkan di Inggris, kenaikannya mencapai 42,5 persen.

Baca Juga: Pengisi Suara Ayah Crayon Shin-chan Meninggal Dunia

Tren ini terlihat konsisten di Eropa dengan kenaikan tertinggi di Italia yakni 66 persen. Selanjutnya di Jerman yang jumlahnya mencapai 35,5 persen. Situs-situs yang dikunjungi dikhususkan untuk film.

Pembajakan TV meningkat 8,7 persen di AS. Namun jumlah kunjungan ke situs-situs bajakan acara TV mencapai 601,3 juta di AS pada pekan terakhir Maret 2020. Sedangkan situs film mencapai 137,4 juta kunjungan.

"Tren pembajakan atau konsumsi tanpa izin terkait erat dengan konten berbayar atau berlisensi. Jadi seiring bertambahnya jumlah pelangan Netflix, kenaikan kunjungan situs bajakan film juga meningkat," kata Andy Chatterley, CEO Muso.

Di sisi lain, dengan penutupan bioskop, maka pilihan film baru yang tersedia sangat minim. Mungkin alasan itu bisa menjelaskan mengapa terjadi peningkatan dalam pembajakan film. 
 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0