Jangan Larang Anak Main Petak Umpet. Ini Manfaatnya

Masa kecil adalah masa di mana kebahagiaan dan keceriaan hadir. Salah satu permainan masa kecil yang memacu aktivitas otak dan fisik yang menantang sering dilakukan tentu saja adalah ‘petak umpet’.
Jangan Larang Anak Main Petak Umpet. Ini Manfaatnya
Permainan petak umpet disukai banyak anak-anak./jurnalislam.com

Nusantaratv.com – Masa kecil adalah masa di mana kebahagiaan dan keceriaan hadir. Salah satu permainan masa kecil yang memacu aktivitas otak dan fisik yang menantang sering dilakukan tentu saja adalah ‘petak umpet’.

Petak umpet merupakan permainan tradisonal yang tenar di banyak negara. Aturannya yang sederhana membuat permainan ini dapat dilakukan oleh siapa pun dan kapan saja. Manfaatnya pun banyak.

Selain melatih kesehatan fisik, sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa petak umpet juga mampu mengembangkan kemampuan sosial, kecerdasan, dan kreativitas.

Baca Juga: Tips Atasi Pilek pada Bayi

Fisik Menjadi Lebih Aktif

Dengan bermain petak umpet, anak dapat menyalurkan energinya untuk berolahraga. Berlari, yang merupakan gerakan dasar pada permainan ini, melatih anak lebih kuat secara fisik. Anak juga jadi lebih tangkas dan kuat.

Kemudian, dengan berkejar-kejaran, petak umpet juga membuat adrenalin anak bertambah dan jantung berdetak lebih kencang. Terus, permainan yang mengeluarkan banyak energi ini juga meningkatkan nafsu makan.

1 / 3
Selanjutnya