Caba Pakai Cara Jitu Ini, Dijamin Anak Anda Langsung Suka Pelajaran Matematika

Tak heran jika sebagian siswa-siswi menyiapkan terlebih dahulu berbagai alasan untuk menghindari mata pelajaran matematika.
Caba Pakai Cara Jitu Ini, Dijamin Anak Anda Langsung Suka Pelajaran Matematika
Ilustrasi (foto: pixel.com)

Jakarta, Nusantaratv.com -Di antara semua mata pelajaran, mata pelajaran apa yang  Anda tidak sukai? Pasti jawaban pertama kali melintas dibenak Anda pelajaran matematika. Kesulitan matematika sudah menjadi rahasia umum. Tak heran jika sebagian siswa-siswi menyiapkan terlebih dahulu berbagai alasan konyol untuk menghindari mata pelajaran matematika. 

Lalu bagaimana cara yang ampuh agar anak kita bisa kembali suka atau menjadi suka dengan pelajaran yang satu ini? Nah, bagi kamu yang sedang bertanya-tanya caranya. Di bawah ini ada beberapa cara ampuh agar anak menjadi suka dengan pelajaran matematika.

1. Menanamkan rasa percaya diri kepada anak sejak dini

Salah satu penyebab mengapa anak-anak tidak menyukai pelajaran matematika adalah karena kurangnya rasa percaya diri mereka untuk bisa menyelesaikan soal-soal yang mereka anggap susah. Alhasil, mereka menjadi menyerah dan mengatakan bahwa mereka tidak menyukai matematika.

Maka tugas kita sebagai orang tua adalah memberikan semangat dan memberikan rasa percaya diri kepadanya. Jangan sekali-kali mengatakan hal-hal kurang baik kepadanya, karena hal itu bisa membuat rasa percaya dirinya menjadi hilang.

 

2. Berilah dia motivasi dan ungkap fakta-fakta menarik dari pelajaran matematika

Setelah kamu memberikan semangat dan rasa percaya diri kepada anak. Selanjutnya tugas kamu adalah memberikan motivasi kepadanya dengan cara memperkenalkan tokoh-tokoh yang sukses dengan mempelajari matematika. 

Ajak juga anak untuk berdiskusi dan beberkan fakta-fakta menarik tentang Matematika secara luas. Tidak melulu harus mengerjakan soal matematika, tetapi cara ini juga bisa membuat dia menjadi lebih menyukai matematika.

3. Jangan dibuat tegang, buatlah pelajaran matematika menjadi santai dan menyenangkan

Sebenarnya belajar matematika sendiri bisa berubah menjadi pelajaran yang menyenangkan lho. Asalkan kita sebagai orang tua atau gurunya, mampu mengetahui cara penyampaian yang baik, mudah dipahami dan tidak membuat tegang pastinya.

Contohnya kita bisa belajar matematika dengan beberapa permainan-permainan, membuat catatan-catatan yang berwarna, hingga kamu juga bisa menjadikan alam sekitar untuk dijadikan sebagai alat pembelajaran matematika.

4. Selama proses pembelajaran, jangan pernah ada paksaan sama sekali

Jika kita saja sebagai orang dewasa akan merasa kurang nyaman saat ada pemaksaan, apalagi dengan anak-anak. Mereka pasti akan merasa tertekan dan stress, jika kamu paksa untuk menyukai pelajaran yang satu ini.

Daripada memaksanya, lebih baik kamu menggunakan pendekatan secara persuasif. Tidak hanya itu, kamu sebagai orang tua juga harus rela dan mau, jika anak-anak meminta ditemani untuk belajar. Jangan sampai menolak dan banyak alasan-alasan yang enggak jelas.

5. Gunakan teknologi sebagai media agar anak menyukai matematika

Saat ini teknologi sudah sangat pesat dan hampir semua lini pasti menggunakan teknologi. Makanya, kita harus bisa memanfaatkan teknologi sebagai media untuk belajar anak-anak. Contohnya anak-anak bisa bermain games yang mempunyai hubungannya dengan matematika atau anak-anak juga bisa melihat video-video tentang belajar matematika yang menyenangkan. 



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0