Perbedaan Asteroid, Komet, Meteor, dan Meteorit :: Nusantaratv.com

Perbedaan Asteroid, Komet, Meteor, dan Meteorit

Ada milyaran benda langit lain yang melayang-layang di luar angkasa seperti planet, matahari, komet, asteroid, meteoroid, meteor, dan meteorit.
Meteor atau 'bintang jatuh' dapat dilihat di malam hari./minews.id

Nusantaratv.com – Kalau di malam hari kita menengadah ke langit, banyak benda-benda langit terlihat bertebaran di langit seperti bintang-bintang yang berkerlap-kelip terlihat begitu indah. Dan jika beruntung kadang kita juga bisa melihat ‘bintang jatuh’ (meteor).

Apa saja sih yang sebenarnya ada di langit sana?

Tentu kita mengenal matahari sebagai benda langit yang menjadi sumber cahaya bagi bumi. Dan banyak planet yang mengorbit ke matahari termasuk bumi dan ada satelit yang mengeliling planet.

Apakah hanya itu? Tentu saja tidak, ada milyaran benda langit lain yang melayang-layang di luar angkasa. Kali ini kita akan bahas tentang komet, asteroid, meteoroid, meteor, dan meteorit. 

1. Asteroid

Asteroid adalah benda langit berukuran sangat kecil dan juga memiliki orbit terhadap matahari. Artinya, asteroid juga mengelilingi matahari. Asteroid terbentuk dari batu luar angkasa, dengan sedikit kandungan logam seperti nikel dan besi.

Baca Juga: Ilmuwan Temukan Lubang Hitam Paling Dekat dengan Bumi

Asteroid-asteroid berkumpul di sebuah lintasan yang sangat terkenal, berada di antara jalur lintasan orbit Mars dan Jupiter, dinamakan sabuk asteroid, atau Main Asteroid Belt. Di sabuk asteroid ini ada empat asteroid paling besar yang pernah diteliti, bernama Ceres, Vesta, Pallas, dan Hygiea.

Selanjutnya

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0