Korsel : Kim Jong Un Mungkin Menghindari Virus Corona :: Nusantaratv.com

Korsel : Kim Jong Un Mungkin Menghindari Virus Corona

Para pejabat Korea Selatan menekankan mereka tidak menemukan gerakan yang tidak biasa di Korea Utara
Korsel : Kim Jong Un Mungkin Menghindari Virus Corona
(Reuters)

Nusantaratv.com- Kim Jong Un mungkin telah melewatkan liburan penting pada 15 April karena kekhawatiran terhadap virus corona, bukan karena dia sakit, kata menteri Korea Selatan untuk urusan Korea Utara, Kim Yeon Chul, Selasa (28 April).

Absennya pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dari upacara-upacara publik pada ulang tahun kelahiran kakeknya dan pendiri negara itu, Kim Il Sung, belum pernah terjadi sebelumnya, dan dia belum terlihat di depan umum sejak itu. Itu telah menyebabkan berhari-hari spekulasi mengenai kesehatannya.

Melansir CNA, para pejabat Korea Selatan menekankan mereka tidak menemukan gerakan yang tidak biasa di Korea Utara dan telah memperingatkan terhadap laporan bahwa Kim mungkin sakit.

Korea Utara mengatakan tidak memiliki kasus yang dikonfirmasi mengenai virus korona, tetapi mengingat fakta bahwa negara itu telah mengambil langkah-langkah ketat untuk mencegah wabah, ketidakhadiran Kim dari upacara tidak terlalu luar biasa.

"Memang benar bahwa dia tidak pernah melewatkan peringatan untuk ulang tahun Kim Il Sung sejak dia berkuasa, tetapi banyak acara peringatan termasuk perayaan dan perjamuan dibatalkan karena masalah coronavirus," kata Kim Yeon-chul pada sidang parlemen.

Dia mengatakan setidaknya ada dua contoh sejak pertengahan Januari di mana Kim Jong Un tidak terlihat selama hampir 20 hari.

 "Saya tidak berpikir itu sangat tidak biasa mengingat situasi (coronavirus) saat ini."

Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Senin bahwa ia memiliki ide bagus tentang bagaimana Kim Jong Un melakukan dan berharap ia baik-baik saja, tetapi tidak mau menjelaskan lebih lanjut.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan dia menyadari laporan tentang kesehatan Kim dan dia memperhatikan perkembangan.

Korea Utara telah membatalkan beberapa acara besar, dan memberlakukan penguncian perbatasan dan tindakan karantina dalam upaya untuk mencegah wabah virus corona.

Tetapi jika Kim Jong Un bersembunyi karena kekhawatiran seputar COVID-19, itu akan "melubangi narasi media negara tentang bagaimana krisis ini telah dikelola dengan sempurna", kata Chad O'Carroll, CEO Korea Risk Group, yang memonitor Korea Utara.

"Jika dia hanya berusaha menghindari infeksi, secara teori seharusnya sangat mudah untuk merilis foto atau video Kim yang tampak sehat," katanya.

 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0