Jembatan Beton LRT Jabodebek, Terpanjang di Dunia

Pembangunan lintasan Light Rapid Transit (LRT) Jabodebek diklaim memecahkan dua rekor dunia yaitu untuk konstruksi longspan atau bentangan panjang tanpa pilar, serta untuk jembatan lengkung dari beton terpanjang untuk jalur kereta api.
Jembatan Beton LRT Jabodebek, Terpanjang di Dunia
Pembangunan ‘longspan’ atau bentangan beton panjang lintasan Light Rail Transit (LRT) di Kuningan, Jakarta/antarafoto

Nusantaratv.com - Pembangunan lintasan Light Rapid Transit (LRT) Jabodebek diklaim memecahkan dua rekor dunia yaitu untuk konstruksi longspan atau bentangan panjang tanpa pilar, serta untuk jembatan lengkung dari beton terpanjang untuk jalur kereta api.

Jembatan yang diresmikan ini bertipe U-Box Girder beton dengan radius lengkung 115 meter. Kemudian, panjang bentang utama 148 meter dan beban pondasi pengujian 4.400 ton. Sebelumnya, struktur yang sama sudah dibangun di jalan Tol JORR, kawasan Dukuh Atas dan jalan Tol Jagorawi.

Pengerjaan longspan pada proyek LRT itu, berlokasi di kawasan Kuningan, tepatnya pada persimpangan Jl. Rasuna Said dengan Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Penggarapannya dilakukan oleh BUMN konstruksi, PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

BACA JUGA: Jalan Tol Manado – Bitung Ditargetkan Beroperasi April 2020

Direktur Utama PT Adhi Karya Tbk, Budi Harto, mengatakan di sepanjang lintasan LRT Jabodebek nanti terdapat 10 jembatan bentang panjang yang akan dibangun. Tiga diantaranya menggunakan U-Box Girder, dan 7 lainnya menggunakan Box Girder,

Menurutnya, sebelumnya di Jerusalem juga memiliki jembatan panjang namun secara teknik pembuatannya berbeda. Jembatan di Jarusalem memiliki struktur yang terbuat dari baja dan cable stayed, sedangkan longspan Kuningan menggunakan beton lengkung dan vertikal tendon pertama.

Sumber: beritagar.id



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0