Dituduh Nyolong Ide, Saluran Calon Sarjana Menyesal dan Minta Maaf

Saluran YouTube Calon Sarjana dihujat insan konten kreator Indonesia. Konten saluran tersebut dinilai menjiplak atau nyolong ide dari saluran YouTube lainnya tanpa ijin pemilik aslinya.
Dituduh Nyolong Ide,  Saluran Calon Sarjana Menyesal dan Minta Maaf
Saluran YouTube Calon Sarjana dihujat konten kreator Indonesia./youtube.com

Nusantaratv.com – Saluran YouTube Calon Sarjana dihujat insan konten kreator Indonesia. Konten saluran tersebut dinilai menjiplak atau nyolong ide dari saluran YouTube lainnya tanpa ijin pemilik aslinya.

Akibat ulahnya itu, saluran Calon Sarjana dianggap mempermalukan Indonesia di dunia internasional. Konten kreator cum seniman, Ernest Prakasa menyebutkan kelakuan Calon Sarjana itu bikin malu satu negara, satu Indonesia. 

Ramai jadi pembicaraan di media sosial, saluran Calon Sarjana akhirnya menyampaikan permohonan maaf kepada pemilik saluran YouTube yang dicuri ide dan karyanya. Salah satu korban dari kelakuan Calon Sarjana yaitu JT YouTube. Calon Sarjana menghubungi JT YouTube melalui Twitter.

“Kami dari segenap keluarga besar Calon Sarjana memohon maaf kepada channel YouTube “JT” @JTonYouTube, atas kesalahan kami dalam menggunakan ide, dan menggunakan thumbnail serta potongan video tanpa seizin yang bersangkutan,” tulis akun Twitter Calon Sarjana dikutip Jumat 8 November 2019. 

BACA JUGA : Menparekraf Sebut Kantornya Mirip Diskotik

Saluran konten YouTube Calon Sarjana pun menegaskan, mereka sudah menghilangkan video yang dipermasalahkan oleh JT YouTube. Saluran Calon Sarjana mengakui menyesal dengan kelakuan menjiplak karya konten kreator lainnya. 

“Kami selalu berusaha untuk mencantumkan sumber dari potongan-potongan video yang kami gunakan, dan mengakui bahwa kami sangat menyesal telah melakukan kelalaian, sehingga masalah ini bisa terjadi. Persoalan ini sepenuhnya adalah kesalahan kami dan kami memohon maaf atas masalah kritis ini,” tulis akun tersebut. 

Atas hikmah dari kasus jiplak karya tersebut, Calon Sarjana berjanji akan tak akan melakukan kesalahan yang sama maupun kesalahan lainnya yang berkaitan dengan industri konten kreatif.

Sumber: viva.co.id

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
1
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0