Astronom Temukan Bukti Baru Keberadaan Black Hole :: Nusantaratv.com

Astronom Temukan Bukti Baru Keberadaan Black Hole

Para ilmuwan mengatakan mereka sangat sulit ditemukan karena mereka lebih kecil dan kurang aktif daripada lubang hitam supermasif.
Astronom Temukan Bukti Baru Keberadaan Black Hole
(China Daily)

Nusantaratv.com- Para astronom telah menemukan bukti terbaik untuk kelas black hole (lubang hitam) yang sulit dipahami yang dikenal sebagai "massa menengah".

Sebuah laporan yang diterbitkan pada hari Selasa di Astrophysical Journal menjelaskan bahwa apa yang disebut lubang hitam menengah-massa (atau IMBH) adalah "mata rantai yang hilang" yang telah lama dicari dalam evolusi lubang hitam.

Para ilmuwan mengatakan mereka sangat sulit ditemukan karena mereka lebih kecil dan kurang aktif daripada lubang hitam supermasif.

Astronom Universitas New Hampshire, Lin Dacheng - yang mempublikasikan laporan itu - mengatakan bahwa ia dan timnya pada dasarnya menangkap seorang IMBH dalam aksi memakan bintang yang "terlalu dekat dengan tarikan gravitasinya".

China Daily melaporkan, tim tersebut menindaklanjuti pekerjaan dari Chandra X-ray Observatory NASA dan Misi Multi-Cermin X-ray Badan Antariksa Eropa, setelah mereka melihat fl-X yang kuat ada di tahun 2006. Para peneliti pada 2006 tidak yakin apakah sumbernya ada di dalam atau di luar galaksi kita.

Namun, mereka mengaitkannya dengan bintang yang terkoyak setelah terlalu dekat dengan objek kompak yang kuat secara gravitasi, seperti lubang hitam.

Lin mengatakan timnya menggunakan data yang dikumpulkan dari Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA dan satelit pendeteksi sinar-X Badan Antariksa Eropa untuk menyelesaikan lokasi tepatnya.

Hubble diarahkan ke sumber sinar-X, dan menemukan bahwa sinar-X berasal dari gugusan bintang yang jauh dan padat di pinggiran galaksi lain.

Para ilmuwan mengatakan di koran, bahwa sekitar 50.000 kali massa Matahari kita, lubang hitam lebih kecil dari lubang hitam supermasif yang terletak di inti galaksi besar, tetapi lebih besar dari lubang hitam massa-bintang yang terbentuk oleh runtuhnya sebuah bintang masif.

Meskipun ada beberapa kandidat IMBH lainnya, para peneliti menganggap pengamatan baru ini sebagai bukti terkuat untuk lubang hitam ukuran menengah di alam semesta.

"Lubang hitam dengan massa menengah adalah objek yang sangat sulit dipahami, dan karenanya sangat penting untuk mempertimbangkan dan mengesampingkan penjelasan alternatif untuk setiap kandidat," kata Lin.

  Para ilmuwan mengatakan bahwa mengkonfirmasi satu IMBH menciptakan kemungkinan banyak lainnya tetap tidak terdeteksi, dan menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana lubang hitam supermasif dapat tumbuh dari IMBH, bagaimana IMBH sendiri terbentuk, dan jika gugus bintang padat adalah rumah favorit mereka.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0