5 Golongan Orang yang Puasa Tapi Tetap Masuk Neraka :: Nusantaratv.com

5 Golongan Orang yang Puasa Tapi Tetap Masuk Neraka

Bagi umat muslim yang telah dewasa wajib hukumnya menjalankan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan.
5 Golongan Orang yang Puasa Tapi Tetap Masuk Neraka
Merugilah orang yang berpuasa hanya mendapatkan haus dan lapar saja./zakat.or.id

Nusantaratv.com - Bagi umat muslim yang telah dewasa wajib hukumnya menjalankan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan. Puasa dilakukan dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Selama itu umat muslim dilarang makan dan minum juga harus dapat mengendalikan diri menahan hawa nafsunya untuk berbuat hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

Dikisahkan oleh Rasulullah, ada segolongan orang yang rajin berpuasa, namun dirinya tidak mendapatkan apa-apa selain lapar dan haus saja. Hal ini dikarenakan orang tersebut tidak menjaga hatinya. Orang-orang seperti ini kelak akan dijebloskan ke dalam neraka.

Berikut beberapa golongan orang yang rajin berpuasa tapi tetap masuk neraka dikarenakan kelalaian mereka saat menjalankan ibadah puasa.

 

1. Puasanya Orang Yang Tidak Sholat

Sholat merupakan tiang agama, semua amal ibadah tanpa didasari sholat maka nilainya nol. Begitupun dengan puasa, meski puasanya rajin dan selalu tamat tapi tidak pernah melaksanakan sholat, itu sama sekali tidak ada artinya. Puasanya hanya menahan lapar dan dahaga saja.

 

2. Puasanya Orang Yang Suka Berbohong

Orang yang puasa tapi masih suka berbohong dan bahkan menganggap kebohongannya itu sepele, maka puasanya tidak sah.

“Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta malah mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan.” (HR. Bukhari).

3. Puasanya Orang Yang Suka Maksiat

Tidak sedikit orang yang puasa tapi maksiatnya masih jalan terus. Seperti melakukan sesuatu yang diharamkan oleh agama. Oleh sebab itu, puasanya orang-orang yang masih menjalankan maksiat tidak akan pernah diterima.

 

4. Puasanya Tidak Sesuai Tuntunan Nabi

Orang yang berpuasa tapi tidak sesuai tuntunan Nabi, maka puasanya tidak sah. “Barang siapa yang beramal bukan di atas petunjuk kami, maka amalan tersebut ditolak.” (HR. Muslim).

Baca Juga: Hati-hati Tidur Setelah Sahur, Tidak Baik Bagi Kesehatan

5. Puasanya Tidak Ikhlas

Semua amal ibadah harus didasari niat atas nama Allah dan hati dipenuhi keikhlasan ketika menjalankannya. Namun, jika hati tidak ikhlas saat menjalankan puasa dan tidak didasari niat atas nama Allah, maka puasanya orang tersebut sia-sia.

Sumber: wowmenariknya.com

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0