Facebook Akan Dorong Instagram Lite ke Negara Berkembang

Instagram Lite menggunakan lebih sedikit data dan diluncurkan di lebih dari 170 negara.

Ilustrasi Instagram (source : cnet.com)

Nusantara TV - Instagram milik Facebook mengatakan pada hari Rabu itu meluncurkan versi aplikasi media sosial di lebih dari 170 negara yang akan memudahkan pengguna di daerah pedesaan dan terpencil untuk menjelajahi platform di ponsel Android.

Disebut Instagram Lite, aplikasi ini menggunakan data "minimal" dan membutuhkan lebih sedikit ruang penyimpanan dibandingkan dengan aplikasi Instagram biasa. Instagram Lite membutuhkan 2 megabita untuk diunduh di Android dibandingkan dengan kira-kira 30 megabita yang dibutuhkan untuk mengunduh versi lengkap aplikasi.

Peluncuran Instagram Lite menunjukkan bahwa Facebook meningkatkan upayanya untuk menarik lebih banyak pengguna di negara berkembang di mana orang-orang memiliki koneksi internet yang lebih lemah atau tidak mampu membeli smartphone terbaru.

Facebook memiliki sekitar 2,8 miliar pengguna yang masuk ke situs tersebut setiap bulan dan sebagian besar berasal dari luar AS. Peluncuran Instagram Lite juga dapat membantu menjembatani kesenjangan digital karena aplikasi berfungsi di area di mana akses ke data dibatasi.

"Kami ingin pengalaman Instagram tetap cepat, berkualitas tinggi, dan dapat diandalkan, terlepas dari perangkat, platform, dan jaringan yang ada," kata Tzach Hadar, direktur Manajemen produk di kantor Facebook Tel Aviv, dalam sebuah posting blog.

Instagram Lite akan tersedia di Mesir, Myanmar, Venezuela, Zimbabwe, dan negara lain.

Saat Instagram mendorong lebih jauh ke pasar negara berkembang, perusahaan juga dapat menghadapi lebih banyak tantangan dalam memoderasi konten ofensif seperti ujaran kebencian.

Nicholas Brown, manajer produk untuk Instagram Lite, mengatakan selama panggilan pers, jejaring sosial telah melakukan pekerjaan yang lebih baik dengan secara proaktif menandai perkataan yang mendorong kebencian sebelum pengguna melaporkan jenis konten tersebut.

Logo Facebook dan Instagram (source : google)

Dari Oktober hingga Desember, Instagram mengambil tindakan terhadap 6,6 juta konten untuk ujaran kebencian dan lebih dari 95% ditemukan sebelum pengguna melaporkannya ke perusahaan.

Dikembangkan oleh karyawan Facebook di New York dan Tel Aviv, Instagram Lite telah diuji di India tahun lalu setelah perusahaan menutup versi lama aplikasi yang dirilis pada tahun 2018.

Tim yang mengembangkan Instagram Lite berfokus pada video dan perpesanan dan mengeluarkan fitur-fitur itu. menggunakan banyak data seperti animasi dan filter augmented reality yang dapat mengubah wajah Anda menjadi karakter yang berbeda.

Instagram juga harus memperhitungkan perbedaan budaya, termasuk jenis bahasa yang digunakan orang di negara tertentu dan seberapa terbiasa mereka menggunakan teknologi, kata Brown.

Instagram mengatakan akan segera meluncurkan Instagram Lite secara global. Perusahaan tidak memberikan garis waktu kapan Instagram Lite akan tersedia di ponsel Apple, tetapi perangkat Android lebih banyak digunakan di negara berkembang.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK